Soundtrack Teranyar Mondo Gascaro

Nov 28, 2018

Belum lama sibuk dengan dirilisnya Raja Kelana dalam format piringan hitam di Jepang, Mondo Gascaro, singer-songwriter juga produser musik terkenal asal Jakarta kembali membuat sesuatu yang menarik. Kali ini, sebuah soundtrack dari film terbaru karya maestro Garin Nugroho bertajuk Kucumbu Tubuh Indahku (Memories Of My Body). Hari ini, Rabu (28/11) film ini berhasil menang di ajang film 3 benua, Festival Des 3 Continents yang berlangsung di Nantes, Perancis.

Film Kucumbu Tubuh Indahku (Memories Of My Body) mengisahkan tentang kehidupan seorang penari tradisional lengger, terinspirasi oleh kisah hidup Rianto. Film ini telah diputar di berbagai festival film Internasional sejak Agustus lalu, antara lain Le Bienalle Venice Film Festival, Busan International Film Festival, Adeleide Film Festival, Singapore International Film Festival.

Dan bertepatan dengan pemutaran pertama film ini di tanah air pada tanggal 3 November lalu di Jogja-NETPAC Film Festival, musik dan lagu-lagu dalam film ini juga dirilis dalam sebuah album Original Motion Picture Soundtrack – Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body) oleh Ivy League Music bekerjasama dengan Signature Music Indonesia. Album ini berisikan music scores excerpts serta lagu-lagu dalam film yang digarap oleh Mondo Gascaro.

Garin di Festival Des 3 Continents, Nantes Perancis, Rabu (28/11) / garin_film.

Di soundtrack ini kita kembali mendengarkan karya-karya aransemen Mondo Gascaro yang meremake lagu-lagu Indonesia lama. Antara lain “Hanya Semalam” dan “Rindu Lukisan” karya Ismail Marzuki, serta “Apatis” yang pernah dipopulerkan oleh Benny Subardja di tahun 70’an. Dalam film, lagu-lagu tersebut dinyanyikan ulang oleh Endah Laras, Danilla dan Mondo Gascaro.

“Pertama kali mas Garin menceritakan tentang film ini dan konsep musik yang dibayangkan, Beliau bilang ingin menggunakan lagu dan musik sebagai penanda jaman yang membuka ruang memori dan sejarah kita”, ungkap Mondo tentang awal mula proyek soundtrack ini.

https://www.instagram.com/p/Bqd1Ty5gYLy/

Selain lagu-lagu remake ini, Mondo juga membuat satu lagu baru yang berjudul “Dari Seberang”. Lagu ini ditulis oleh Mondo bersama Garin Nugroho dalam penulisan lirik nya.

“Karya-karya Mondo selalu mengandung dua aspek: memori pada Indonesia lama dan hari ini. Maka sangat tepat untuk film ini. Pada sisi lain, karya Mondo juga mengedepankan kesederhanaan dan kemampuan mengelola perasaan atas pilihan aransmen nya”, demikian ujar Garin Nugroho pada liner notes album.

Album Original Soundtrack Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body) mencatat karya soundtrack kesekian yang digarap Mondo Gascaro. Sebelumnya, musisi ini pernah menggarap soundtrack untuk beberapa film dari Berbagi Suami, Quickie Express, Pintu Terlarang dan Labuan Hati.

Album Original Soundtrack Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body) bisa dinikmati di layanan streaming per tanggal 30 November 2018, serta dalam format CD pada tanggal 3 November 2018.

Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; redaktur pelaksana di Pophariini, penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat beberapa album.

Eksplor konten lain Pophariini

Daftar Penyanyi Latar Musisi Indonesia

Sebuah lagu yang terdengar harmonis tak lepas dari sumbangsih warna vokal yang dihasilkan oleh penyanyi latar. Peran mereka kadang tak kasatmata atau mungkin dianggap lalu. Kenyataannya, penyanyi latar tidak bisa dianggap remeh. Jika menilik …

5 Alasan MALIQ & D’Essentials Enggak Bubar

Menyambut perilisan album baru MALIQ & D’Essentials, Can Machines Fall In Love? tanggal 30 Mei 2024, kami menemui mereka di sela-sela waktu latihan hari Selasa (21/05) di studio Mad Haus.   View this post …