307

Srikandi 4 Senar: 5 Bassist Cewek Hari ini

Foto: dok. istimewa.

Akhir-akhir ini kami mengamati munculnya bassist-bassist cewek di tiap gig maupun di social media.

Dari munculnya band cewek dari Dara Puspita, Geger band sampai Traxap dan Wondergel, kehadiran srikandi 4 senar alias bassist cewek memang jarang dibahas di media, ya karena memang kalau dibandingkan dengan cowok, populasi cewek yang memegang instrumen petik 4 senar ini memang kalah angka.

Dan jika kami bertanya kepada bassist-bassist cewek yang bertebaran di kancah panggung musik hari ini, nama-nama seperti Chua Kotak atau Lusi Kubik adalah idola dari bassist cewek hari ini.

Dan bukan hanya pemanis, hari ini bassist cewek menentukan karakter musik band itu sendiri. Mari kita simak 5 bassist cewek keren yang jadi perhatian Pop Hari Ini.

Baca juga:  Gitaris Seek Six Sick, Soni Irawan Menggelar Pameran Tunggal

1. Octavia Variana

Foto: R. M. Suryokusumo

Selain dari musik yang memang berkarakter, kekuatan stage act dari bassist asal Bandung yang satu membuat Heals menjadi salah satu band indierock yang cukup disegani.

2. Yuyi Trirachma

Foto: dok. yuyitrirachma (instagram).

Jika harus memberi nilai, kami akan memberi 10 buat bassist band Dara Puspita Tribute bernama Flower Girls ini, dilihat dari skill, gaya di panggung serta, kemampuan bernyanyi. Satu paket!

3. Anida Bajumi

Foto: dok. strawberrrywine_ (instagram).

Sejak kali pertama melihat cewek ini beraksi mencabik bass di sebuah band bernama Dental Surf Combat, sejak itu kami melihat musik punk/hardcore tak kan pernah sama lagi. Stage appearance yang kalem menjaga beat mampu mengimbangi kegilaan ketiga personil lainnya, terkhusus vokalisnya.

Baca juga:  Fashion Direction di Industri Pop Melalui Mata Visual

4. Smita Kirana

Foto: dok. Bedchamber (instagram).

Salah satu nilai jual dari Bedchamber selain dari musik jangly-nya yang menarik ternyata dari permainan 4 senar dari sang bassist, Smita Kirana. Tampilan kalemnya menjaga nada-nada cepat dari musik Bedchamber membuat dirinya berkarakter.

5. Wanda Omar

foto dok. wandaomar (instagram).

Mungkin kalian pikir wajah manis hanyalah modal agar skill bisa menjadi faktor nomor dua dari predikat bassist keren. Wanda bukan anak kemarin sore. Predikat sebagai session player membuat dirinya bisa menyelami banyak teknik yang membuat banyak bassist cewek (dan cowok) terbuka rahangnya.