57

Tashoora Suarakan Cerita Para Penyintas Konflik Lewat “Sintas”

Tashoora kembali tampil dengan singel terbarunya yang berjudul “Sintas” yang bercerita tentang setiap orang yang menjadi penyintas. Peristiwa konflik apapun bentuknya pasti meninggalkan luka, ada yang kemudian terjebak, tapi ada juga yang berhasil selamat dari penderitaannya. Ini merupakan sebuah lagu yang menangkap kisah bangkitnya para penyintas konflik yang juga berkontribusi langsung pada kemanusiaan di sekitarnya. 

“Sintas” adalah hasil kerjasama Tashoora dan Narasi. Lagu ini dicipta untuk dipergunakan sebagai soundtrack resmi The Invisible Heroes, sebuah serial dokumenter oleh Narasi dan Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Paramadina. Serial ini sudah bisa ditonton daring sejak 11 Maret 2020. 

The Invisible Heroes adalah rekam jejak perjuangan para penyintas konflik dalam menjalani hidup sehari-hari sembari berusaha melupakan bayangan kepahitan masa lalu. Penyintas yang diangkat serial ini tidak terbatas hanya pada konflik perang saja, namun juga diskriminasi rasial, konflik berbasis gender dan kelas, bencana alam, body-shaming, hingga perundungan. 

This is the perfect song for the movie. Mudah-mudahan bisa membantu kita, siapapun yang punya luka, mendengarkan lagu ini bisa jadi mantra kita saling menguatkan.” Ujar Najwa selaku founder dari Narasi. 

Setelah sebelumnya selalu mengolah karya secara mandiri, kali ini Tashoora menggandeng Heston Prasetyo sebagai produser single. “Prosesnya cepat. Awalnya ketemu Heston untuk bicara soal isu dan ide-ide, kemudian ditindaklanjuti dengan workshop dua kali. Langsung jadi, sepakat direkam,” jelas Dita. Proses Mixing “Sintas” dikerjakan oleh Stevano, sedangkan Mastering dipercayakan kepada Andy Miles di Stardelta Mastering, Britania Raya. Lagu direkam sepenuhnya di Bro’s Studio, Jakarta Selatan.

Bisa dibilang “Sintas” menjadi lagu pertama bagi Tashoora di 2020 ini sekaligus jadi penanda atas bergabungnya Ikhwan Hastanto di grup musik ini. Awan, panggilan akrabnya, resmi melengkapi Tashoora yang sudah tujuh kali berganti formasi. Saat ini lagu “Sintas” sudah dapat didengarkan di berbagai kanal musik digital kesayangan anda.

 

Baca juga:  LOGAMULIA, Proyek Musik Keras Comi dan Cito Payung Teduh

____