The Panasdalam Bank: Tahun Baru, Mini Album Baru!

Jan 8, 2022

Setelah lebih dari sepuluh tahun sejak album terakhirnya, The Panasdalam Bank akhirnya resmi menebus kerinduan para pendengarnya dengan Yes I Am, sebuah mini album yang mereka rilis di awal tahun 2022 ini.

Unit musik yang dihuni oleh Erwin Koboi (vokal & harmonika), Alga (vokal), Boiq (gitar listrik), Nawa Luba (gitar akustik), Nandang (bas), Roy (drum) dan Eeng (perkusi) ini memang belakangan kerap terdengar kiprahnya berkat kerjasama dengan franchise film Dilan. Pada film tersebut, beberapa soundtracknya adalah hasil dari tangan-tangan lihai The Panasdalam Bank.

Di mini album terbarunya ini, The Panasdalam Bank membawa enam nomor di dalamnya, juga dengan dua nomor yang telah lebih dulu dirilis di tahun lalu yakni “Kamu Orang Gula” (September 2021) dan “Dracula” (Oktober 2021).

 

“Di EP ini kami menyuguhkan satu track pembuka dan lima lagu baru yang merangkum kisah cinta, rasa pilu dan patah hati yang dialami remaja yang kerap kali diserang rasa galau dan diceritakan dengan lirik jenaka”, sambut sang vokalis, Erwin.

Sama seperti materi-materi sebelumnya, lirik-lirik jenaka dengan balutan musik folk-rock masih menjadi sajian utama yang disuguhkan oleh The Panasdalam Bank. Juga dengan ragam cerita yang mungkin akan terasa related dengan para pendengarnya.

“Setiap lagu punya nada yang beda, tidak pernah kami membuat lagu yang nada misal awalnya do, do terus. Ini beda banget”, tambah Alga.

 

Mirip-mirip dengan cerita dari musisi ataupun band lainnya, proses penggarapan dilakukan di masa pandemi yang perjalanannya tidak terlalu lancar. Beberapa bagian pun digarap di rumah masing-masing, diakui oleh mereka.

Jika bertanya-tanya mengenai kehadiran Pidi Baiq di album ini, maka dalam Yes I Am dirinya berperan sebagai composer, sementara bangku produser diduduki oleh sang gitaris sendiri, Nawa Luba dan artwork yang digarap oleh Ibas.

Dalam naungan Warner Music Indonesia, mini album terbaru dari The Panasdalam Bank sudah bisa didengarkan di berbagai layanan streaming musik.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Rekomendasi: Dinamika – Bangkutaman

Menariknya di album Dinamika ini dengan masih mengusung musik retro folk rock, Acum dkk. terlihat tidak kehabisan bahan bakar dan justru terdengar fresh.

Jambi: Di Bawah Radar Musik Arus Utama, dan Independen

Sepertinya bukan rahasia umum bahwa Jambi tidak pernah masuk di radar skena musik, terlebih musik independen.