Tutorial Self-Love Pamungkas Lewat Album Flying Solo

Aug 6, 2019

Setelah merilis album debutnya pada 2018, Pamungkas, penyanyi pop yang sedang menjadi buah bibir banyak orang karena karya-karyanya yang dikatakan ‘relatable’ dan fresh, kembali hadir dengan album keduanya, Flying Solo, yang telah dirilis pada 14 Juni 2019 lalu.

Album yang berisikan 11 lagu ini bertemakan self-love dengan menceritakan tentang
“kesendirian”, satu hal yang sesuai dengan kehidupan cinta anak muda jaman sekarang, seperti lagu “The Retirement of U” yang menceritakan tentang ke tidak takutan akan perasaan kehilangan seseorang setelah berpisah dengan pasangannya.

Seperti dengan debut albumnya, musisi yang memiliki nama asli Rizky Pamungkas ini mengerjakan seluruh proses kreatif dalam album Flying Solo secara sendiri. Mulai dari penulisan lagu, aransemen dan produksi musik, rekaman, mixing, masteringdesign artwork, hingga pembuatan video liriknya.

Sampul album Flying Solo

Dalam album kedua ini, sentuhan elektronik Pamungkas dapat dikatakan lebih terdengar dari album sebelumnya. Selain itu, dalam album keduanya ini tidak terdapat lagi lagu-lagu yang berbahasa Indonesia seperti yang ada dalam debutnya.

Sebelumnya dalam rangka mempromosikan album ini, Pamungkas mengadakan tur bernama “Flying Solo Tour” di 5 kota besar di Pulau Jawa yaitu Malang, Surabaya, Jogja,
Semarang dan Bandung yang dimulai pada 21 Juli 2019 di Malang dan berakhir di
Bandung pada 30 Juli 2019 lalu.

Kini album penuh kedua Pamungkas sudah bisa didengarkan di seluruh layanan streaming digital.

 

 

____

Penulis
Elma Nabiila
Mahasiswa hukum yang suka musik dan hobi jalan-jalan.

Eksplor konten lain Pophariini

Makassar Bukan Lagi Hanya Sekadar Daerah

Tulisan kempat Bising Kota kali ini ditulis langsung oleh Brandon Hilton dari Makassar

AMI Awards 2021 Umumkan Para Nominasinya

AMI Awards, ajang penghargaan musik tertinggi di Indonesia ini akhirnya mengumumkan deretan nominasi yang dihadirkan di tahun 2021 ini.