Wawancara Khusus Rendy Pandugo: Karier, Cinta, dan Sekarang

610

 

Berarti bokap nggak ada background musik?

Sama sekali di keluarga gue nggak ada. 

 

Jadi, berawal dari hobi dari zaman sekolah?

Iya, zaman SD. Berawal dari gue pinjam gitar tetangga gue sih. 

 

Ingat nggak ngegitar lagu apa?

“Kamulah Satu-Satunya” – Dewa 19.

 

Waktu itu di Sony, loe cover malah lagu Sheila On 7 yah?

Sheila On 7 adalah salah satu band favorit gue Indonesia yang hampir semua karyanya pada saat itu gue dengar dan gue ulik, dan gue mainin pada saat gue sekolah dulu. Makanya, kenapa kok pada saat di Sony ditawarin ‘OK sebelum kita ngomong ke album, kita cover dulu’. OK ya udah karena gue tau waktu itu di Sony tuh ada nama almarhum Glenn Fredly dan Sheila On 7 akhirnya gue pilih, karena lagunya almarhun Glenn udah dipakai waktu itu kalau nggak salah sama Mytha Lestari. Akhirnya, gue ambil Sheila On 7. Tapi waktu itu dengan catatan ‘loe nggak boleh milih lagu Sheila On 7 yang udah terkenal’. Akhirnya gue pilih dua lagu, satu “Pria Kesepian” sama “Sebuah Kisah Klasik”. Akhirnya yang rilis “Sebuah Kisah Klasik”.

 

Loe dapat tanggapan apa dari Sheila On 7?

Nah lucunya nih. Gue mendengar rumor bahwa tidak mudah untuk meng- cover sebuah lagu Sheila On 7. Mas Eross dan teman-teman kan menganggap picky yah untuk urusan gitu. Dan gue setelah berapa tahun baru sempat ketemu beliau-beliau itu. Gue kalau nggak salah ketemu Mas Eross tuh baru sekitar 2-3 tahun setelah lagu itu rilis. Sekitar 2019 gue baru ketemu beliau di, waktu gue ada acara di Jogja. Ketemu di backstage dan ya udah gue bilang, ‘Mas, terima kasih banyak sudah diberikan izin untuk meng- cover lagunya’. Kita nggak sempat ngobrol banyak waktu itu karena memang waktunya nggak banyak juga. Kita cuma ngebahas gitar aja. Tapi yang gue sempat dengar dari Inu. Dia bilang, kalau nggak salah tuh ‘Nah, ini nih baru nge- cover lagu’.

 

Baca juga:  Mencari Kunci Isyana Sarasvati

Apakah mini album baru ini dirasa akan berhasil membuat pendengar berhenti menjuluki Rendy sosok John Mayer Indonesia?

Mungkin, bisa jadi karena cukup jauh dari itu sih kalau misalnya. Kalau bisa gue bilang sih. Cukup jauh dari influence itu. Meskipun karya-karya beliau tuh tetap gue masukkin, somehow. Tapi tetap yang kali ini memang agak sedikit jauh berbeda. 

 

Banyak di pemberitaan tentang loe dikaitkan dengan John Mayer? 

Gue tuh juga ya somehow gue juga mengerti kenapa mereka bilang begitu, dan gue paham juga memang. Mungkin pada saat itu gue sangat ya masih awal gue pengin nunjukkin bahwa belum banyak lho yang bisa mainin lagu-lagunya dia, dengan permainan gitarnya yang sangat kompleks itu. Which is I can do it. Mungkin salah gue adalah pada saat itu agak sedikit berlebihan juga. Tapi memang gue nggak mungkirin juga bahwa dia salah satu memang yang banyak mengubah gue melihat musik secara global. 

 

Lalu, bagaimana menurut Rendy soal gelombang penyanyi Indonesia yang bermusik/bikin lagu ala John Mayer?

Menurut gue sih nggak ada masalah sih sebenarnya karena pada dasarnya kita, apalagi di musik yah. Kalau prinsip gue ‘loe selalu harus punya Tuhan dalam bermusik’. Kalau gue sih begitu karena meskipun nanti awalnya, gue yakin bahkan John Mayer pada saat dia ke luar pertama juga dikatain juga, loe mau nyontek SRV (Stephen Ray Vaughan) apa gimana.

Kayak gitu kan dulu. Dan emang sampai detik ini, dia juga masih menuhankan, bisa dibilang menuhankan si Stephen Ray Vaughan juga kan. Cuma ya tergantung itu, kalau misalnya emang. Sekarang pintar-pintarnya si musisinya aja sih. Kalau gue sah-sah aja ketika mereka bikin lagu seperti itu, dan nanti itu seiring waktu akan nge- blend sendiri. Dan dia akan memilih sendiri, ‘OK sebenarnya yang enak tuh sepertinya yang gue ambil part ininya kali yah yang bisa gue kembangin dan terlihat lebih gue’. Kayak gitu misalnya. Gue sih kalau sekarang gue udah ngeliatnya gue cukup appreciate dan pastinya meskipun mungkin di luar sana, ada yang ‘Ini John Mayer banget sih atau Tom Misch banget sih’. It’s OK. It’s just keep it up. Kayak gitu aja sih kalau gue sekarang. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments