Zeke And The Popo Rilis Video Kunci Gitar Single “Alisha”

Jun 8, 2019

Seminggu yang lalu, ada sesuatu yang lewat kami catat di berita PHI, selain berita ultahnya Shaggydog yang ke-22, adalah Leonardo Ringo, gitaris Zeke And The Popo yang belum lama ini membuat video kunci gitar atau chord-video untuk “Alisha”, single perdana Zeke And The Popo.

“Baru aja ngerilis chord-video buat single baru “Alisha” buat band gue @zekeandthepopo
Silahkan ke youtube channel gue www.youtube.com/LeonardoRingoWorks dan kulik lagunya. Suatu saat kita ngejam bareng ya! Lupa lirik boleh, lupa chord jangan,” tulis Leonardo lewat status instagramnya yang memuat foto-foto pembuatan videonya.

Nampak dalam video tersebut, orang berkepala penguin yang sedang bermain gitar lagu “Alisha” sesuai dengan kunci-kunci yang ditandai. Yuditia Noor, bassist dari Zeke And The Popo bertindak sebagai ‘Mr Pingu” alias manusia berkepala Penguin tadi.

Beberapa set foto pembuatan video kunci gitar single “Alisha” Zeke And The Popo / foto: by @christinegneuss / instagram.com/leonardoringo.

Leonardo bertindak langsung sebagai sutradaranya, dengan dibantu oleh sang istri tercinta Christineserta Andreas Pardede, pemain trumpetnya di band lainnya, Leonardo And His Impeccable Six.

“Sebenernya, pertama, mnrt gue lupa lirik boleh, lupa kord jangan. Kedua, kalo nggak bisa nyanyi bareng, kenapa nggak kita gitaran bareng aja kaya nongkrong di portal-portal komplek,” ungkap Leo ditanya alasan soal mengapa dirinya membuat video kunci gitar ketimbang video lirik atau video klip pada umumnya.

“Yang ketiga, video ini jadi “pembuka” buat video gue yang berikutnya, yang masih “berhubungan” sama konsep ini,” tambahnya.

“Alisha” sendiri adalah single dari kumpulan rekaman terbaru mereka yang bertajuk The Three Magical Penguins. Mini album mereka ini dirilis di kanal digital pada Sabtu (4/5) lalu setelah mereka melepas album fisik terlebih dahulu di ajang Record Store Day, 13 April silam.

Penampilan spesial Zeke And The Popo tanpa Zeke Khaseli dan Iman Fattah / dok. Pohan

The Three Magical Penguins berisi tiga lagu terbaru Zeke And The Popo, masing-masing berjudul “Charlie”, “Alisha” dan “Mankind”. Lagu-lagu di album ini sebetulnya sudah muncul di beberapa situasi sebelumnya. Menurut Zeke Khaseli, lagu “Charlie” sudah muncul saat Zeke menggarap lagu untuk Film Rumah Dara (2009). Sedangkan lagu “Alisha” tema nadanya dari film fiksi dan liriknya kebanyakan dari mimpi-nya Zeke.

Zeke and The Popo sendiri vakum sejak lama. Space in the Headlines yang dirilis 2007 silam adalah debut album sekaligus rilisan fisik terakhir mereka sebelum vakum. Album ini terkenal dengan lagu-lagunya macam “Profesor Komodo” dan “Mighty Love”. Pasca vakumnya grup ini, beberapa personilnya seperti Zeke Khaseli dan Leonardo membuat album solo mereka masing-masing.

Bagi fans fanatik Zeke And The Popo yang penasaran mengulik “Alisha”, silakan tonton video di bawah ini.

 

____

Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat dua album.

Eksplor konten lain Pophariini

Musisi Yang Pernah Membantu Sheila on 7 di Atas Panggung

Kami merangkum musisi Indonesia yang pernah menjadi bagian dari perjalanan panggung Sheila on 7. Simak daftarnya.

16 Pertanyaan: Sindy Amani

Tahun lalu, akhirnya Sindy Amani memutuskan tak lagi sendirian. Ia bergabung dengan POPSYOUGOOD, label rekaman musik milik Atlesta.