10 Musisi Indonesia yang akan Bersinar di 2022

Jan 8, 2022

2020-2021 adalah dua tahun yang amat sangat menantang buat semua orang yang berkecimpung di industi musik, tak terkecuali musisi.  Tidak banyak musisi, lama dan baru yang bisa bertahan melewati masa ‘paceklik kreativitas’ ini.

Untuk itulah kami mengapresiasi fakta bahwa tidak sedikit band, lama dan baru yang tetap eksis, bahkan makin menampakkan taringnya di tahun kemarin. Dan tentu saja, Januari ini, kami punya prediksi bahwa nama-nama yang akan kami sebut di bawah ini adalah nama yang menjanjikan untuk bersinar di tahun ini.

Siapa saja mereka? Simak daftarnya di bawah ini.


1. Dere

Dere. / Dok: Dere.

Dere bukan siapa-siapa ketika kami melihat penampilannya langsung di sebuah sore di ruang tamu kantor Pophariini. Waktu itu, adalah Tulus yang membawa dan mengenalkannya untuk kami. Namun kami tahu bahwa sore itu, Dere akan bersinar. Dan benar saja, kami pun mendengar single “Kota” bersliweran di Tiktok dan Reels setiap linimasa orang banyak. Pretty sure, gadis asal Medan ini akan bersinar di tahun ini.

 

2. Voice of Baceprot

Musisi rock hijab perempuan adalah tagline yang mengangkat trio asal Garut ini menjadi sensasi nasional. Di tahun ini, trio ini makin menancapkan dirinya ke skena internasional yang lebih besar dengan bermain di Wacken Festival. Di tahun ini, bukan tidak mungkin nama mereka akan makin harum di kancah musik keras di tanah air.

 

3. Black Horses

Regenerasi musik rock memang kelewat sulit ketimbang band atau penyanyi pop solo. Itu mengapa kuartet kuda hitam dari Jakarta ini menyolong perhatian sejak Kelompok Penerbang Roket mulai vakum. Beberapa kali kami melihat panggungnya yang selalu sold out dan penuh. Bukan tidak mungkin, berbekal kedisiplinan mereka dalam merilis rekaman, rocker-rocker asal Jakarta ini bisa bersinar di tahun ini.

 

4. Denisa

Sebagai orang yang mempunyai multitalenta baik sebagai penyanyi, penulis lagu maupun sound engineering, Denisa adalah hidden gem yang layak untuk dipoles.

 

5. Lomba Sihir

Sejak tampil perdana di 2019, supergroup ini sudah melesat. Formasi supergroup menjadi modal jitu karena di dalamnya ada musisi-musisi hebat hari ini. Berbekal album, Selamat Datang Di Ujung Dunia, yang baru dirilis 2021, band ini pasti akan bersinar di tahun ini.

 

6. Mad Madmen 

Datang dari pinggiran Jakarta, Mad Madmen membuka cakrawala kita akan musik eksperimental yang jarang sekali ditemukan di perjalanan musik Indonesia dalam kurun 10 tahun terakhir. Debut mereka, Mental Breakdance, yang diapresiasi oleh banyak kritikus, musisi dan fans mampu menghantarkan mereka ke cahaya kesuksesan di tahun ini.

 

7. Hursa

Hursa / Dok. Hursa

Nama Hursa menyelinap masuk dalam pemberitaan kami sejak 2020. Para additional musician yang membentuk band adalah formula yang gawat, karena musik mereka penuh dengan kejutan di sana sini, paling tidak itu yang tergambar jelas di album Katarsis.

 

8. White Chorus

Berbekal Fastfood, debut mereka, White Chorus mengisi kekosongan aksi terkini dari Kota Kembang. Peran ini yang membuat duo ekletik Clara Friska dan Emir Agung akan bersinar di tahun ini.

 

9. Avhath

Avhath. / Dok: @hilariusjason

Meskipun ini tidak masuk dalam kategori band baru-baru amat, namun predikat Karya Produksi Metal Terbaik di AMI Awards, dua kali (2019 dan 2021) membuktikan bahwa metal punya regenerasi yang baik.

 

10. Noon Radar

Lepas dari Zirah, gitaris Raissa Faranda mencoba peruntungannya bersama teman-temannya, Armando Deiqymillano (drum), Prevalno Andro (gitar), dan Naradhito (bas) dalam unit rock yang baru. Berbekal single “Akankah Terobati”, band ini rasa-rasanya bisa bersinar di tahun ini.

____

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Tauhid A
Tauhid A
10 days ago

Vob Asal Garut Min

Eksplor konten lain Pophariini

Rekomendasi: Dinamika – Bangkutaman

Menariknya di album Dinamika ini dengan masih mengusung musik retro folk rock, Acum dkk. terlihat tidak kehabisan bahan bakar dan justru terdengar fresh.

Jambi: Di Bawah Radar Musik Arus Utama, dan Independen

Sepertinya bukan rahasia umum bahwa Jambi tidak pernah masuk di radar skena musik, terlebih musik independen.