12 Rahasia Di Balik “Album Minggu Ini” Milik Netral

Jul 11, 2018

Album Minggu Ini dari Netral sudah berumur 20 tahun. Album ketiga Netral ini dirilis Januari 1998, lima bulan sebelum meledaknya peristiwa kerusuhan ’98.

Kala itu, Netral, yang sampai sekarang masih mempertahankan formasi bertiganya, masih dengan formasi lama: Bagus Dhanar Dhana (Bagus) pada vokal dan bas, Gabriel Bimo Sulaksono (Bimo) pada drum dan Ricky Dayandani (Miten) pada gitar.

Saya ragu apakah majalah atau media-media musik Indonesia pernah menobatkan album ini ke deretan daftar terbaiknya, namun jika saya boleh bilang dari semua album Netral atau NTRL, Album Minggu Ini adalah satu-satunya album terbaik yang pernah dibuat oleh trio ini. Dan harusnya, ini juga adalah album alternatif rock terbaik tanah air sepanjang masa.

Inilah album di mana puncak kreativitas Netral lagi tinggi-tingginya, mereka tengah berada dalam titik optimalnya. Baik dari sound, aransemen, lirik, sampai sampul dan video musik-nya, semua dieksekusi dengan baik.

Didorong rasa penasaran yang amat sangat, saya pun akhirnya bertanya dengan dua pentolan Netral formasi klasik yang masih tersisa, Bagus dan Bimo.

Dari perbincangan kami bertiga, saya akhirnya berhasil menguak rahasia-rahasia di balik Album Minggu Ini. Mari kita simak bersama. 

Netral circa 90an. Foto: instagram.com/ombags

 

1
2
3
4
Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir

Eksplor konten lain Pophariini

Foreseen Rilis Album Perdana, Suspended Reality

Foreseen juga menampilkan dua kolaborator untuk mengisi beberapa bagian lagu, mereka adalah Gabriela Fernandez dan Endro Trilaksono.

Akhiri Masa Vakum, Sheila Anandara Rilis Single Terbaru

Terakhir merilis single “Kereta” dua tahun silam, kini Sheila Anandara kembali dengan tembang berjudul “Menunda Luka” yang dilepasnya hari ini (27/01).