16 Pertanyaan: Rinrin ‘Svmmerdose’

Aug 22, 2021

Perjalanan karier bermusik Tarapti Ikhtiar Rinrin atau akrab disapa Rinrin dimulai saat ia membentuk Svmmerdose di tahun 2017. Ia pertama kali membuat lagu, manggung, syuting video musik, hingga melaksanakan tur juga bersama Svmmerdose.

Rinrin mengatakan kepada Pophariini (21/07), “Dulu gue lebih pengin jadi songwriter dan produser saja. Tapi gue bersyukur banget di Svmmerdose gue bisa numpahin semua skill yang sampai sekarang juga masih gue pelajari.”

Bicara tentang Svmmerdose, Rinrin mengungkapkan Svmmerdose dulu dijuluki band long-distance relationship lantaran Iqbaal masih bersekolah di luar negeri. Mereka melakukan brainstorming, bahkan rekaman bermodalkan koneksi internet.

“Gue akui itu menantang, tapi seru banget. Kita berdua sempat susah ketemu, makanya waktu ada kesempatan ketemu gue senang banget. Rekaman sampai lupa hari, nongkrong, ngumpul sama tim, dan lain-lain,” kenang Rinrin. 

Menariknya, referensi musik Rinrin dan Iqbaal berbeda. Hal ini memengaruhi aransemen musik yang ditawarkan Svmmerdose di awal mereka terbentuk. Rinrin mendengarkan R&B, jazz. Sementara Iqbaal dari dulu menyukai pop-punk dan alternatif. 

“Tapi kita jadi makin semangat untuk nyatuin ide-ide kita. Sampai akhirnya lahirlah album She / Her / Hers yang genre-nya kita sebut ‘city lights alternative’. Kalau kata Iqbaal, cocok buat didengerin sambil nyetir keliling kota. Lagu-lagunya bercerita tentang self-love, intimate relationship, stockholm syndrome, dan lain-lain,” ungkapnya.

Setelah dua tahun album pertama dirilis, mereka berdua mencoba untuk menulis dan memproduseri mini albumnya sendiri berjudul Yeah Yeah Youth (2021). Tema lagu-lagu di album lebih ringan dibanding album pertamanya. Album yang disebut lebih mudah dimengerti dan relatable. Dari mulai lagu tentang naksir sama orang, naksir sama dua orang, hingga tentang kehilangan hal yang berharga di hidup.

 

Di pertengahan karier bersama Svmmerdose, Rinrin sempat mengeluarkan single sebagai penyanyi solo dalam judul “Pimples” di awal 2021. Meskipun begitu, Rinrin tetap memprioritaskan band, karena karier solonya hanya sarana untuk latihan.

“Bagaimana pun gue masih harus banyak belajar, terutama di bidang vokal. Nah, gue banyak ngulik vokal dan songwriting di karier solo. Dari dulu gue selalu punya cita-cita besar bersama Svmmerdose. Gue senang banget karena setiap karya Svmmerdose punya cerita yang seru. Kita juga sudah punya banyak demo di bank lagu kita yang siap dimasak. Stay tuned ya,” tutup Rinrin. 

Cerita keseruan Rinrin berlanjut di jawaban-jawaban yang ia utarakan untuk 16 Pertanyaan yang kami ajukan. Mari disimak.


1. Masakan Indonesia paling aneh yang pernah kamu makan?

Hmmm gue gak tau ya ini aneh atau nggak. Ada kerupuk melarat, sup ikan pari, tumis jeroan, sup otak. Kayanya normal-normal saja.

2. Pilih mana: manggung ditonton 100 orang yang hafal lagu-lagumu atau ditonton 1000 orang tapi tidak mengenal musikmu?

1000 orang yang nggak tau musik gue. Karena gue bisa liat reaksi jujur mereka yang pertama kali dengar lagu-lagu gue.

3. Apakah kamu percaya bahwa setelah kematian ada kehidupan baru di alam sana?

Percaya. In fact, I believe I was an African-American woman in my past life.

4. Sebutkan tiga gitaris band Indonesia favoritmu!

Barry Likumahuwa (bassist), Petra Sihombing, Rey Tobing [tertawa]. Dia (Rey) gitaris kita di Svmmerdose. Jago banget.

5. Menurutmu apa hal terburuk dan yang terbaik menjadi seorang perempuan?

Terkadang, kita perempuan hanya dipandang sebagai objek. Itu buruknya. Omong kosong kalau dibilang 100% penduduk dunia nggak sexist. Buktinya masih banyak perempuan yang diremehkan pendapat dan kemampuannya, masih banyak perempuan yang dituntut untuk memenuhi standar kecantikan, banyak yang di-bully karena terlalu kurus/gendut, banyak perempuan di daerah lain yang masa depannya dibangun hanya untuk melayani suaminya. Tradisi cewek sebagai properti cowok juga masih merajalela.

Tapi yang nggak disadari orang-orang adalah: mayoritas perempuan di dunia dapat multitasking dengan baik. Contoh paling simplenya adalah Ibu Rumah Tangga. Ngurus anak, ngurus suami, masak, bersihin rumah, ngurus kepentingan sekolah anak, belanja, ngatur keuangan rumah, nyetrika, nyuci, jemur baju, dan masih banyak lagi pekerjaan yang harus diselesaikan dalam sehari. Apalagi beberapa IRT zaman sekarang yang punya kerja/bisnis sampingan. Contoh simple lainnya: gue sebagai cewek yang merhatiin cewek lain juga, beberapa dari kita ini bisa lho texting sambil ngobrol. Coba deh perhatiin, cowok kalo diajak ngobrol pas dia lagi texting pasti kita dikacangin [tertawa], kalau ini pengalaman pribadi sih.

Jadi sebenarnya perempuan tuh powerful. Asalkan mereka pede dan yakin saja sama apa yang mereka lakukan. Masa bodo sama orang-orang yang meremehkan.

 

6. Sesuatu yang membuat kamu trauma adalah…

Layang-layang dan kereta yang ramai. Dulu gue pernah liat orang luka kena benang layang-layang dan lehernya berdarah banyak banget. Kabarnya orang itu hampir meninggal karena urat nadinya kena benang layang-layang.

Kereta yang ramai karena gue sempat beberapa kali kena sexual harassment waktu naik kereta yang ramai banget. That traumatize me so bad.

7. Kapan terakhir kali kamu menangis?

Kemarin (21 Juli 2021).

8. Mimpi terindah dalam tidurmu yang pernah jadi kenyataan?

Gua pernah ketemu sama ‘crush’ gue. Nah pas kita lagi jalan, gue deja vu karena gue pernah mimpiin dia [tertawa].

9. Adakah cerita ghosting yang pernah kamu alami? 

Dulu pernah ada artist yang ngajak gue collab dan gue senang banget. Kita janjian minggu depannya untuk rekaman demo. Pas gue sudah otw, chat gue nggak dibalas-balas dan telepon gue nggak diangkat. Sampai sekarang kita nggak contact-an. Gue nggak ngerti kenapa.

10. Apa barang yang menjadi koleksimu yang kini hilang?

Koleksi binder kartun dan kertas-kertasnya.

11. Lagu Indonesia apa yang pertama kali kamu dengar pertama kali?

Kalau pertama kali pasti lagu anak-anak dari AT Mahmud ya. Tapi yang pertama gue ingat dan pelajari adalah lagu “Bunda” – Melly Goeslaw.

12. Apa nama panggilan kamu saat masih kecil?

Lilin, Tintin, Ogondang, Rogoteh. Nyokap bokap gue suka kasih nickname aneh-aneh.

13. Sebutkan 3 film terhoror yang pernah kamu tonton?

Ma, Us, & It (tapi karena gue tau badut aslinya ganteng gue malah naksir)

14. Ketika merasa kecewa kamu butuh waktu untuk memaafkan atau bisa langsung memberikan kesempatan?

Butuh waktu untuk memaafkan. Karena gue butuh space ketika gue ngerasa kecewa.

15. Satu boyband yang menurutmu lagu-lagunya enak semua?

BROCKHAMPTON.

16. Apa harapan terbesar untuk dirimu sendiri?

Banggain orang tua tapi tetap jadi diri sendiri.

 

Foto Rinrin oleh Nareend.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Virdania Melepas Video Musik “Door of Changes”

Virdania kembali dengan karya terbaru melalui peluncuran video musik single “Door of Changes” yang sudah bisa disaksikan melalui kanal YouTube Virdania.

V/A – Eiger Music For Adventure

Eiger, produsen produk rekreasi outdoor merilis box set eksklusif Music For Adventure terdiri dari CD, DVD, kaus, masker, peralatan makan sampai bibit tanaman.