5 Lagu Indonesia Pilihan Basboi

Apr 16, 2022

Pertengahan Februari 2022 lalu, Basboi merilis ulang semua lagu dari album penuh perdananya, Adulting For Dummies dalam versi akustik, kecuali nomor berjudul “FYI”. Album akustik ini tercipta untuk ‘menganggu’ orang dan keinginannya menambah katalog musik tanpa merilis lagu yang baru.

“Album itu gue keluarin, selain untuk memperpanjang nyawa album gue, pengin jadi statement bahwasanya ini loh hip hop-nya gue. Gue tuh capek mimicking hip hop-nya Amerika,” kata Basboi saat ditemui di backstage Joyland Festival Bali (26/03).

Basboi berpendapat, kultur hip hop ternyata bukan sesuatu yang dipinjam. Selama ini menurutnya banyak yang cuma fotokopi saja.

“Fotokopi itu sudah lah tidak ada unsur kebaruan di dalamnya. Kualitasnya lebih buruk daripada masternya. Kenapa enggak kita pinjam. Namanya minjam harus tau diri dong. Ngerawat. Kita gunakan sesuai kebutuhan. Bukan kebutuhan mereka di Amerika, dan itu yang pengin gue coba deliver sih,” ungkap Basboi tentang album akustiknya.

 

Rapper kelahiran Medan ini menganggap, musik hip hop bisa disampaikan dengan medium yang sangat enggak hip hop. Tetapi pada waktu yang bersamaan itu menjadi hip hop banget.

Saat ini Basboi belum bisa membocorkan seputar rencana materi yang baru. Di luar bermusik, ia masih menjalani banyak kegiatan antara lain marketing di sebuah brand sepatu, siaran di radio swasta di Jakarta, menjadi host freelance podcast, dan ia juga sedang dikontrak untuk satu podcast dari salah satu brand massive.

Ternyata dari kegiatan di luar bermusik itu, Basboi juga menambah ide dalam pembuatan lirik lagu karena menurutnya, membaca buku itu enggak harus membaca buku.

“Loe ngobrol sama orang tuh sebenarnya you reading a book. Dengan gue semakin banyak ketemu sama orang, selain itu juga gue jadinya soft skill antar lagu untuk bridging transisi juga terlatih dan lain-lain,” tutup Basboi yang merasa segala kegiatannya bisa mempermudah dalam hal promosi karya musik.

Penasaran dengan lima lagu Indonesia pilihan Basboi? Simak di bawah ini.


1. Kembali – Steven & Coconut Treez

Best of all the time karena perfect menurut gue. Relate buat gue, “Dari semua yang kujalani hanya ini yang berikanku kedamaian”. Musik buat gue lah ya itu.

 

2. Menutup Mata Untuk Melihat Dunia – Romantic Echoes

Sudah berapa lama sih musik Indonesia, berapa tahun enggak kayak gini. Kayak gini tuh kayak gimana menurut gue, loe harus dengerin. Jadi loe ngerti maksud gue, kayaknya gini tuh kayak gimana.

 

3. Throw It All – The Couch Club, White Chorus, BLEU HOUSE

Rilisan terbaru dari Bandung. Barudak aing, cees aing. Project mereka untuk UNKL 347. Ini keren banget, Bandung banget. Keluar Bandungnya. Gue suka banget.

 

4. Kita usahakan rumah itu – Sal Priadi

Ini lagunya gue setel. Gue nangis. Sudah itu saja cukup alasannya. 

 

5. Semua Hilang – Wicigo Shawty

Tapi yang MySpace version keren. Emo alay 2000 Indonya keluar banget. Keren. Berasa, oh ini hip hop-nya orang Indonesia. Bukan hip hop-nya orang Barat.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.

Eksplor konten lain Pophariini

Jangar – Malam (EP)

Pelafalan dan karakter vokal Gusten di EP Jangar, Malam, ini mengingatkan pada Yukie PAS band yang melantangkan lirik dengan suara bulat dan diksi lugas

Nagita Slavina Mengawali Rencana Album dengan Single Bersyukurlah

Jeda hampir 2 tahun dari perilisan single terakhirnya “Untukmu Rafathar Rayyanza”,  Nagita Slavina kembali lagi membawa yang terbaru dalam single bertajuk “Bersyukurlah” hari Sabtu (17/02).   Lagu “Bersyukurlah” yang rilis bertepatan dengan ulang tahun …