1634

5 Video Musik Indonesia Pilihan Edy Khemod ‘Seringai’

Edy Khemod
Simak 5 videoklip pilihan Edy Khemod / foto Rigel Haryanto.

Selain dikenal sebagai drumer Seringai, Edy Khemod juga memiliki tanggung jawab di sebuah rumah produksi film bernama Cerahati kini sebagai Creative Director. Ia pun menjalani keduanya di tahun yang bersamaan 2002.

Kelahiran Cerahati awalnya bukan sebagai production house, melainkan kumpulan mahasiswa Seni Rupa ITB. Khemod dan rekan-rekannya memiliki interest yang sama dalam mengerjakan audio visual.

Tak disangka Cerahati sukses memenangkan Best Video of the Year Penghargaan MTV Indonesia 2003 untuk video musik Mocca “Me & My Boyfriend” yang berhasil membawa mereka ke tingkat selanjutnya. Dalam penggarapan video tersebut, Edy Khemod berperan sebagai Art Director.

Hingga saat ini sudah banyak karya yang ia hasilkan bersama Cerahati. Kami penasaran, apa sih yang menjadi 5 video musik Indonesia favoritnya? Berikut pilihannya:

Baca juga:  16 Pertanyaaan: Christabel Annora

 

  1. Naif – Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia Yang Ada Di Seluruh Dunia

VC yang bagus buat gua adalah yang bikin gua merasa “Shit, I wish I made that clip!” Dan klip ini berhasil membuat gua merasa begitu. Jadugar dan Cerahati muncul di saat yang kurang lebih bersamaan di industri musik video Indonesia sekitar tahun 2000-an awal. Karena kami saling kenal dengan baik, jadi semangat yang muncul adalah friendly competition. Setiap mereka membuat sesuatu yang menarik secara kreatif, memacu kita juga di Cerahati untuk membuat klip yang lebih unik dan diluar kebiasaan. Dan klip ini menjadi salah satu kesukaan gua sejak dulu sampai sekarang. Diluar kebiasaan pada jamannya, eksekusi simple tapi berdampak dan memorable sampai sekarang.

Baca juga:  16 Pertanyaan : Alien Child

 

2. Naif – Selalu

Saya tahu, setiap kali orang membahas klip Naif pasti pilihan pertamanya jatuh ke klip “Posesif”. Tapi buat saya, klip Platoon (sutradara) yang berkesan lebih mendalam justru klip ini. Saya selalu suka klip yang keluar dari kebiasaan dan kadang tidak saling terkoneksi dengan lagunya. Hal itu terjadi di klip ini.

 

3. Peterpan – Menghapus Jejakmu

VC yang berhasil mensimbolkan makna lagu menjadi visual yang artsy, dan secara produksi tergarap dengan baik. Maklum, tim produksinya bawaan produksi iklan, hahaha.

 

4. Polka Wars – Rangkum

Agak lama rasanya tidak mengikuti perkembangan musik video Indonesia, sampai akhirnya menyaksikan VC Polka Wars yang satu ini. Selalu suka VC yang tidak memunculkan personil bandnya dalam bentuk band performance, dan dengan cerita simbolis yang menguatkan mood lagunya. Plus twist ending yang menarik, membuat klip ini jadi satu paket yang ok.

Baca juga:  Pop Hari Ini: Terima Kasih 2018

 

5. The Panturas – Fisherman’s Slut

Toma Kako jadi salah satu video music maker favorit saya di era sekarang, karena spirit berkarya dan estetiknya yang mengingatkan akan Cerahati di era-era awal tahun 2000-an. Dengan segala keterbatasan yang ada, justru bisa membuat karya yang unik dan berdampak. Klip ini mengingatkan gua akan salah satu klip yang Cerahati pertama buat yaitu untuk Mocca di tahun 2003. Meskipun secara hasil berbeda karena teknologi yang juga berbeda, tapi semangat berkreasinya rasa2-rasanya serupa. Sangat menunggu karya-karya baru mereka berikutnya, menunggu terinspirasi oleh generasi baru.

______