6 Lagu Indonesia Pilihan Biru Baru

Dec 11, 2021

Di tahun 2021 ini, Biru Baru sudah menghasilkan dua buah single, yaitu “Terbenam” di bulan September dan “Benderang!” yang beredar pertengahan November menandai bergabungnya mereka di JUNI Records. 

Duo beranggota Goldan Tambayong dan Talitha Belinda Esmeralda ini memulai perjalanan bermusik saat mereka merilis single perdana “Maple” sampai akhirnya album perdana, Selamat Datang resmi dilepas 2020 lalu.

Biru Baru sempat menuliskan lagu-lagu dengan lirik bahasa Inggris di awal kemunculan mereka hingga memutuskan untuk berekplorasi. Menurut Tata, rekan bermusiknya Goldan sebenarnya sudah lama pengin menuliskan lirik berbahasa Indonesia.

“Cuma saat itu gue masih belum pede karena secara penulisan bahasa Indonesia kan beda. Masih belum tau lah style-nya harus gimana. Ya udah sampai akhirnya masuk pandemi. Kita mulai produksi ‘Sejenak’, itu enggak tau kenapa gue penginnya bahasa Indonesia,” jelas Tata.

 

Keinginan membuat album dengan tema selamat datang juga menjadi salah satu alasannya. Goldan mengungkapkan, album tersebut refleksi apa yang mereka sudah lakukan seperti yang tertulis di lagu “Sejenak” dan “Malam” yang mengacu pada makna istirahat.

“Maksudnya, akan lebih jujur dan lebih mengena ke kita sendiri kalau kita menggunakan bahasa yang kita enggak asing. Lebih ke situ sih. Mungkin terdengar egois. Tapi sebagai seorang musisi untuk bisa menciptakan sesuatu yang jujur tuh sangat perlu sih menurut kita. Jadi, kalau ditanya apa yang kita rasain waktu pandemi, ya Selamat Datang itu,” ungkap Goldan.

Perubahan bahasa pada lirik lagu mereka menjadi satu kenyamanan yang mungkin terus akan dilanjutkan untuk karya musik yang berikutnya. Kami penasaran juga tentang lagu-lagu Indonesia pilihan mereka yang bisa disimak sebagai berikut.


1. Cerita Kita Milik Semua – Petra Sihombing (Goldan)

 

Lagu ini isinya tuh kayak tamparan buat kita gitu sih. Sebenarnya, di satu album (Semenjak Internet) itu menampar kita untuk “Sudahlah jangan terlalu ‘social media’”.

 

2. Pilu Membiru – Kunto Aji (Tata)

 

Lagunya sedih. Gue tuh suka lagu sedih. Gue tuh suka mellow dan ditambah lagi karena gue kena sama video musik “Pilu Membiru Experience” juga kan. Itu gue di situ jadi kayak merasa “Pilu Membiru” salah satu yang spesial dari Mas Kunto Aji.

 

3. Pulang – Sade Susanto (Goldan)

 

Setelah ngobrol sama Sade, dia cerita lagunya tuh tentang apa dan gue baru menyadari, ternyata lagu ini tentang pulang. Pulang yang maksudnya tuh pulang ke orang yang dia nyaman untuk bisa cerita semua hal dan menurut gue itu yang kita perluin saat ini sih untuk bisa cerita tentang masalah yang kita hadapi ke orang yang kita sudah percaya.

 

4. Shot – Mikha Angelo (Tata)

 

Sebenarnya, gue suka semua sih albumnya, Amateur. Lagu cinta tapi enak saja gitu. Sedih tapi sweet. Sedihnya itu sih gue suka. Terus karena vokalnya Mikha gue juga suka banget di album Amateur.

 

5. Serdadu – Figura Renata (Goldan)

 

Menurut gue, musiknya sempurna banget. Dari penggunaan unsurnya, dari vokalnya, dari riff gitar yang diambil menurut gue itu sangat catchy dan mood-nya dapat banget di lagu ini.

 

6. Mengunci Ingatan – Barasuara (Tata)

 

Gue kan basic-nya main drum dan gue mendengarkan “Mengunci Ingatan” tuh gue suka sama pattern yang dibikin sama Mas Marco.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Dhira Bongs Untai Ragam Kisah di Album Ketiga

Dhira Bongs, solois pop asal Bandung baru saja merilis album penuh ketiganya di hari Jumat (23/09) lalu. Simak kisahnya berikut ini.

Selang Lima Tahun, Akhirnya Scaller Rilis Album Kedua

Lima tahun berselang semenjak sang album debut, Senses, akhirnya Scaller melanjutkan kiprahnya dengan album kedua yang diberi judul Noises & Clarity.