6 Lagu Religi di Bulan Ramadan 2024

Apr 9, 2024

Dalam rangka merayakan hari Lebaran, kami menilik kembali beberapa musisi yang merilis lagu religi selama bulan Ramadan. Daftar ini kami dapatkan dari siaran pers yang masuk ke email redaksi Pophariini.

Mulai dari penyanyi yang terkenal dengan karya-karya religinya seperti Opick, hingga grup musik yang aktif di YouTube macam Indomusik Team, inilah 6 lagu religi yang meluncur selama bulan Ramadan 2024.


 

Tersenyumlah – Opick

 

Hampir tidak pernah absen merilis lagu religi di bulan suci Ramadan, Opick mengisi tahun 2024 ini dengan lagu berjudul “Tersenyumlah” yang ia lepas hari Jumat (08/03).

Lewat lagu yang dikemas dengan aransemen musik pop ini, Opick ingin menyampaikan kata-kata penyemangat untuk selalu mengutamakan Allah dan selalu berbuat baik di setiap keadaan, termasuk saat menghadapi titik terendah.

 

Bersenja Gurau – Raim Laode

 

Setelah dikenal banyak orang lewat single hit berjudul “Komang”, Raim Laode kini kembali merilis karya anyar dalam bentuk single bertajuk “Bersenja Gurau”. Single ini dirilis beberapa hari sebelum bulan puasa, tepatnya hari Kamis (07/03).

Untuk lirik lagu ini, Raim mengambil inspirasi dari kutipan 3 ayat suci di Al-Quran. Selain itu, lagu sekaligus jadi single pembuka untuk album perdana Raim Laode yang dijadwalkan beredar di semester kedua tahun 2024.

 

Tawakal – Marcell

 

Selain menjadi lagu religi perdananya, “Tawakal” yang dirilis hari Jumat (15/03) ini juga merupakan single pertama yang liriknya ditulis sendiri oleh Marcell. Sang solois mengatakan, pengalaman menulis lirik lagu ini sangat mendalam baginya karena bisa menyampaikan pesannya sendiri lewat sebuah lirik lagu.

“‘Tawakal’ tidak hanya menyajikan sebuah lagu, tetapi juga sebuah pesan yang mendalam tentang keseimbang, tentang keadilan, antara kebaikan dan keburukan, antara hitam dan putih, dan tentang keberadaan kita di dunia ini sebagai rahmat bagi semua makhluk,” kata Marcell dalam siaran pers.

 

Insyaallah Masyaallah Astaghfirullah (IMA) – Indomusik Team

 

Setelah merilis 2 single di tahun 2022 lalu, Indomusik Team kembali meluncurkan lagu bertajuk “Insyaallah Masyaallah Astaghfirullah (IMA)” hari Jumat (15/03). Lagu cinta berbalut komedi yang juga memiliki nuansa religi ini bisa tercipta berkat hasil kolaborasi Indomusik Team dengan Mustafa dari grup musik muslim Debu.

Mengusung nuansa pop melayu, “IMA” menceritakan seseorang yang kita anggap akan menjadi pasangan yang tepat, ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi yang kita bayangkan. Pendekatan musik yang dilakukan di lagu ini dirasa berbeda dengan musik yang ada di masa sekarang.

 

PadaMu Ku Bersujud – Nagita Slavina

 

Berselang sebulan sejak merilis single “Bersyukurlah”, Nagita Slavina kembali meluncurkan single religi di bulan Ramadan dalam judul “PadaMu Ku Bersujud” hari Jumat (22/03). Sebelum dibawakan oleh Nagita, lagu milik Bebi Romeo ini sudah pernah dibawakan oleh Afgan tahun 2010 lalu.

Lagu “PadaMu Ku Bersujud” mengambil tema tentang manusia yang sarat akan dosa dalam perjalanannya saat menemukan kembali jalan lurus-Nya. Kembali bersujud dan memohon ampunan atas segala kesalahan yang sudah dilakukan.

 

Pulang (Robbighfirlii) – Wali

 

Dedengkot pop melayu Indonesia turut berpartisipasi dalam merilis single religi tahun ini. Dalam judul “Pulang (Robbighfirlii)”, Wali membawa pendekatan yang lebih berani dan intens untuk sebuah lagu religi yang beredar hari Jumat (15/03).

Secara lirik, lagu “Pulang (Robbighfirlii)” yang juga menjadi lagu tema dari sinetron berjudul Tempat Kembali Pulang ini menyelami perjalanan manusia yang selalu mendapatkan kesempatan bertobat dari Allah usai menyimpang dari ajaran-Nya. “Tidak peduli seberapa besar dosa kita, rahmat dan pengampunan Allah selalu lebih besar. Dia merindukan kita untuk kembali,” ucap Apoy, sang gitaris tentang makna lagu.

 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Pudar Lanjutkan Karier Bermusik dengan Merilis 3 Single Sekaligus

Setelah terinspirasi Weezer untuk single “Satuperdua” yang meluncur tahun lalu, kini Pudar langsung merilis 3 single sekaligus dengan memakai nama band sebagai judulnya. Di antara judul-judulnya seperti “Buatlah Kelam Terdiam”, “Dalam Pertanda”, dan “Ruang …

Au Revoir Asal Ciamis Rilis Album Mini Perdana Stage of grief

Band asal Ciamis, Au Revoir yang menyebut gaya musik mereka emo alternatif resmi menghadirkan album mini perdana dalam tajuk Stage of grief hari Jumat (10/05). Album berisi 5 lagu ini melengkapi 2 single sebelumnya …