Aksi Duo Dalam Musik Indonesia

Jun 30, 2019

2D (Deddy Dhukun & Dian Pramana Putera)

2D, Deddy Dhukun dan Dian Pramanaputra. Foto: dok. istimewa

Duo vokalis Dian Pramana Poetra dan Deddy Dhukun ini merupakan salah satu duo terbesar Indonesia di era 80-an. Dengan musik pop jazz yang ringan 2D mencetak 3 album dan melahirkan hits “Masih Ada” dan “Keraguan”. Lagu-lagunya banyak direkam dan diaransemen ulang oleh bebagai penyanyi hingga era 2000an. Meskipun tahun ini Dian Prama Putra wafat, namun Deddy Dhukun memutuskan akan tetap meneruskan dan tidak membubarkan 2D.

 

Ratu

RATU Formasi Kedua. Mulan Kwok dan Maia. Foto: dok. istimewa

Ratu adalah duo penyanyi wanita pertama dalam musik Indonesia. Ratu didirikan oleh Maia Estianti yang merupakan istri Ahmad Dhani (Dewa) sekaligus mantan penyanyi latar untuk Dewa 19. Dalam perjalanannya Ratu sempat berganti pasangan/vokalis beberapa kali. Dari Pinkan Mambo, Mulan Kwok dan Meichan.

Ratu mencapai puncak kesuksesan di tahun 2005-2007 ketika berpasangan dengan Mulan Kwok. Dengan tampilan centil dan seksi mengadopsi gaya fesyen Jepang, Harajuku, lagu-lagu mereka melesat menjadi hit pada masanya. Selain lagu seperti “Teman Tapi Mesra” dan “Buaya Darat”, album-album Ratu juga berhasil mencetak rekor penjualan tertinggi untuk ukuran grup wanita. Ratu juga diganjar berbagai penghargaaan seperti “Artist of the Year” dan “Group/Duo Artist of The Year” dari versi MTV Ampuh, MTV Indonesia.

Sayangnya duo ini kemudian diterpa berbagai masalah internal. Dari urusan rumah tangga Maia dengan suaminya, hingga manajeman dalam bandnya.

 

Scaller

Duo Scaller, Reney dan Stella. Foto: dok. Scaller

Duo Stella Gareth (synth/keyboard/vokal) dengan Reney (gitar/vokal) ini adalah sepasang kekasih yang kini sudah menikah. Memainkan musik progresif/synth-rock dengan energi yang membara dan meledak-ledak di panggung membuat mereka menjadi salah satu duo terpanas yang belum ada tandingannya. Scaller telah merilis dua album 1991 (1993) dan Senses (2017) dan dengan jadwal panggung yang tinggi, akhirnya tahun ini Scaller merilis singel terbaru “North Star” sebagai pemanasan menuju album baru mereka.

 

Senyawa

Duo Senyawa. Foto: dok. istimewa

Ini dia duo ekperimental kebanggan Indonesia yang menjadi langganan festival musik internasional. Senyawa adalah duo dari Yogyakarta yang terdiri dari Rully Shabara dan Wukir Suryadi. Dengan percampuran pengaruh musik tradisional dan cerita rakyat Indonesia dengan musik eksperimental, para kritikus musik melabeli mereka “ketika  attitude punk bertemu dengan estetika avant-garde”. Keunikan musik Senyawa adalah perpaduan teriakan vokal Rully yang dipengaruhi musik hardcore dan suara-suara indah dari instrumen tradisional buatan Wukir.  Kesemua unsur itu terbukti ampuh menyihir dan membawa mereka berkeliling dunia dengan jadwal super padat.

 

____

1
2
Penulis
Fari Etona
Pendenger musik pop dan rock, serta pecinta binatang dan pemakan buah-buahan.

Eksplor konten lain Pophariini

Laidthis Nite Kembali dengan “It’s Gonna Be Alright”

Sembilan bulan setelah “LoveLight” diperdengarkan, Laidthis Nite kembali dengan single baru tentang hasrat dalam judul “It’s Gonna Be Alright” (12/11).

Menakar Hak Pencipta Lagu

Sebelum bicara hak pencipta lagu mari bicara soal ini. Sebagian besar musisi indie sudah mengerjakan apa yang umumnya label rekaman lakukan pada umumnya. Yaitu merekam lagunya melalui perangkat sendiri tanpa harus diberi modal besar …