Atlesta – SINCERELY FOREVER

Mar 17, 2023

Atlesta, solois kugiran kota Malang yang telah berkarir satu dekade ini kembali merilis album keempat, SINCERELY FOREVER, dan berpotensi jadi salah satu album elektropop terbaik lokal tahun ini.

Meskipun begitu bukannya berarti luput dari kekurangan. Adalah pelafalan bahasa Inggris  penyanyi Fifan Christa sang Atlesta yang belum berubah sejak album pertamanya. Terasa paling mengganggu dalam penyebutan huruf “T” di kalimat “thing”, “anything”, “something”, dan “everything”. 

Emoh membahas lebih jauh soal lirik, karena bukan kapasitas saya. Tapi pelafalan ini terdengar lumayan mengganggu. Terlebih saat berduet dengan KIKO/O dalam lagu, “FEEL THIS LOVE” yang pelafalan bahasa Inggris-nya jauh lebih enak. Belum lagi liukan vokalnya yang prima. Lagu ini berpotensi menjadi bumerang bagi Fifa sebagai penyanyi.

Meskipun begitu Fifan berhasil mengemas vokalnya yang bisa dibilang tidak terlalu spesial, namun berkarakter kuat dan berciri khas itu. Dan berhasil dimaksimalkan dengan kemasan musik elektronik pop yang menarik di albumnya. 

Dan bila bicara musik kita harus berterima kasih pada Fifan karena masih bersikeras merilis album penuh. Sehingga bisa membaca perkembangan musikalnya yang menarik tidak hanya dari beberapa single, namun dari total 12 lagu yang dibagi menjadi dua bab dengan dinamika lagu-lagu yang beragam. 

Pada “Side A: Intro” kita disambut lagu-lagu upbeat dan catchy, dimulai dari “SENSES” dengan reff nya yang diulang-ulang, “Let it flow // take it slow / let me know”.  “HOWLING LIKE A WOLF” yang jadi favorit saya. “BLUE” dengan choir nya  juga tidak kalah menarik. “Show Me Your” pun menunjukan kecermatan Fifan menyelipkan rapper, DESHO dengan pas. Aransemen musiknya begitu padat dan kaya akan bebunyian masinal yang tergarap detail

Ini masih berlanjut lagu ke enam yang dibuka dengan “SIDE B: INTERLUDE”, tempo lagu-lagu diturunkan, meskipun tetap mengundang kepala dan badan untuk bergoyang. Side B ini mengingatkan pada era Gestures yang banyak dimuati lagu-lagu laid back yang joget-able

Sulit untuk tidak membandingkan dengan album ini dengan album sebelumnya, Gestures yang sangat terkonsep itu. Baik dari artwork, desain, tipografi, video, website dan merchandise-nya. Terlebih bahwa dalam Gestures, Fifan melakukan eksplorasi yang maksimal. Tapi menyenangkan kala mengetahui Fifan menemukan kembali jalan artistiknya dan bisa lepas dari bayang-bayang Gestures dengan SINCERELY FOREVER ini.

Meskipun begitu saya sempat berkernyit pada sampul albumnya yang menampilkan wajah close up Fifan dengan ke-androgini-annya, mengenakan kalung choker, dan wajah ber-makeup. Sangat berbeda dengan Gestures yang lebih elegan, baik visual grafis maupun style sosok imaji Fifan sebagai Atlesta.  Namun hal ini bisa diterima bila mengingat selaras dengan musiknya yang berkembang.

 


 

 

Penulis
Anto Arief
Suka membaca tentang musik dan subkultur anak muda. Pernah bermain gitar untuk Tulus nyaris sewindu, pernah juga bernyanyi/bermain gitar untuk 70sOC.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Nagita Slavina Mengawali Rencana Album dengan Single Bersyukurlah

Jeda hampir 2 tahun dari perilisan single terakhirnya “Untukmu Rafathar Rayyanza”,  Nagita Slavina kembali lagi membawa yang terbaru dalam single bertajuk “Bersyukurlah” hari Sabtu (17/02).   Lagu “Bersyukurlah” yang rilis bertepatan dengan ulang tahun …

Band Bentukan Dul Jaelani, Qodir Rilis Video Musik Aku Butuh Dia

Dul Jaelani bersama ketiga rekannya, Muhammad Xaviar (gitar), Deriel Sudiro (gitar), dan Axel CB (drum) membawa bendera Qodir resmi merilis video musik single terbaru “Aku Butuh Dia” via kanal YouTube Official Qodir hari Jumat …