Bersama Duara Menerima Kehilangan

Sep 29, 2021

Dari suka menjadi duka. Kalimat tersebut kiranya bisa menggambarkan perubahan suasana dari Duara dengan dua materi teranyarnya di sepanjang sisa tahun ini.

Bicara suka, Duara menghadirkan sebuah materi bertajuk “Morning Sun” di bulan Juli lalu. Sebuah materi penuh optimisme nan spesial karena juga turut memuat nama solois Vira Talisa yang hadir di beberapa bagian materi tersebut.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by DUARA (@musikduara)

Sementara untuk materi kedua Duara, sang duo baru saja melepas “Hilang” di hari Rabu (29/09) ini. Tetap ada cerita spesial yang hadir, karena “Hilang” merupakan kali pertama bagi Duara untuk menggarap sebuah lagu dengan bahasa Indonesia.

Tema besarnya adalah duka, berbicara seputar kehilangan dan perjalanan yang mengiringi setelah melalui proses kehilangan tersebut. Jika terasa bahwa materi ini ditulis di tengah masa pandemi, namun nyatanya duo Renita Martadinata dan Robert MR sudah menggarap materi ini jauh sebelum pandemi.

Benang merah permainan ambience di sepanjang repertoar masih menjadi benang yang kembali disajikan mereka kali ini. Selama hampir 5 menit, sang duo seperti membawa pendengarnya untuk mendapatkan interpretasinya sendiri atas “Hilang”, walau tetap, tema besarnya adalah duka dan menerima kehilangan.

Potongan lirik “Hilang, hilang sudah /  Biar, biar saja, waktu yang bicara” juga yang menegaskan bahwa tidak baik jika terus berlarut-larut dalam kesedihan dan sudah saatnya untuk menerima kehilangan, apa pun itu.

Sejak terbentuk di tahun 2017, Duara kerap konsisten melepas beberapa nomor tunggal selama perjalanannya, juga termasuk sebuah EP bertajuk Flights of Imagination yang membawa lima nomor di pertengahan tahun 2019.

“Hilang”, materi kedua Duara di tahun ini sudah tersedia di berbagai platform.

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

RRREC Fest Siap Kembali di Akhir Pekan Ini

Tidak berhenti hanya di penampilan musik saja, karena RRREC Fest juga menyuguhkan ragam kegiatan lain seperti talkshow hingga penayangan film dan teater.

5 Aksi Berkesan di Soundrenaline 2022

Di gelaran Soundrenaline 2022 lalu, kami mencatat setidaknya lima nama yang aksi panggungnya mencuri perhatian. Siapa sajakah mereka?