Curahan Kegelisahan Manutized di “Outlandish”

Nov 18, 2022

Jika menengok perjalanan seorang Manutized di sepanjang tahun 2022 ini, bisa dibilang ia terhitung jarang untuk melepas sebuah rilisan di rentang waktu tersebut. Terakhir kali adalah “Our Little Games” yang rilis di penghujung tahun lalu.

Namun meski begitu, Manutized tampak tengah mempersiapkan langkah terbaru di jalurnya dengan merilis “Outlandish” pada hari Jumat (18/11). Single tersebut menjadi kali pertama bagi sang rapper untuk menulis sebuah materi yang bercerita mengenai tema-tema isu sosial.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @manutized

“’Outlandish’ adalah upaya Manu melawan rasa lelah dan khawatirnya sebagai seorang pemuda yang besar di Indonesia. Bukannya tidak peduli, namun, saat terlalu lama peduli tanpa ada tanda semuanya akan membaik, kita akhirnya akan lelah juga”, tuturnya.

Di kesempatan ini pula, Manutized berkolaborasi dengan Fathan Maulana, seorang produser muda yang membantunya selama proses penggarapan, turut meliputi proses mixing dan mastering.

Warna hip-hop klasik ia bawa di “Outlandish”, bagaimana selama durasi berlangsung single ini kental dengan iringan piano yang berharmonisasi dengan ketukan-ketukan pengiring kemampuan rap dari Manutized.

Masih dalam koridor musik yang bernuansa laid-back, lirik-lirik yang dibawa memuat pesan-pesan introspektif terhadap kegelisahannya tentang isu-isu sosial yang kerap terjadi di Indonesia.

“Outlandish” bisa didengarkan di bawah ini.

 

Beberapa waktu yang lalu, Manutized turut terlibat sebagai kolaborator dalam lagu terbaru Punokawan, “Indo”. Punokawan sendiri merupakan sebuah hip-hop super group yang beranggotakan Tuan Tigabelas, Sonjah, Mario Zwinkle dan Matter Mos.

Di sepanjang perjalanannya, deretan single yang sudah Manutized rilis antara lain adalah “Sing Along Single”, “Mad Enough To Love”, “Our Little Games” hingga “Outlandish”.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

5 Lagu Cinta Indonesia Pilihan Fabio Asher

Kesuksesan lagu “Rumah Singgah” dan “Bertahan Terluka” yang mendapat sambutan lebih dari 100 juta pendengar di layanan streaming musik membawa Fabio Asher sampai di titik ini. Ia juga sudah mengantongi materi baru lewat perilisan …

Wawancara Eksklusif: Penggarapan Album Penuh Perdana Skandal

Skandal menghadirkan video lirik single terbaru “Mimpi” hari Rabu (28/02) melalui kanal YouTube. Seperti single “Terbang”, karya ini juga bakal masuk daftar album perdana mereka bertajuk Melodi.    Sebelum video lirik “Mimpi” beredar, cuitan …