Dipha Barus Gandeng Musisi R&B Paman Sam Di Single Terbaru

• Aug 16, 2020
Dipha Barus

Jika kalian perhatikan gerak-geriknya, kalian sudah tahu bahwa Dipha Barus masuk dalam rombongan musisi-musisi yang sangat produktif di tahun ini.

Dimulai dari akhir bulan Maret lalu, dimana dirinya mengaransemen ulang satu single fenomenal dari Hindia, “Secukupnya”. Terbilang mengejutkan, karena memang tidak akan ada yang menduga sebelumnya bahwa single dari Hindia tersebut akan mempunyai warna barunya berkat sentuhan magis Dipha.

Kolaborasi yang menyebut nama Dipha pun berlanjut. Awal bulan Agustus, dirinya turut memproduseri sebuah single terbaru dari Yura Yunita di tahun 2020 ini, “Hoolala”.

Tidak berhenti sampai disitu, Dipha juga rutin menggelar sebuah sesi ‘ngobrol-ngobrol’ bertajuk “How’s Life” melalui IG Live yang ditutup dengan live DJ set yang disiarkan secara streaming dari kediamannya, dimulai dari April dan masih berjalan sampai saat ini.

Yang paling terbaru, Dipha baru saja menjalin kolaborasi dengan Cade, seorang musisi R&B asal Amerika Serikat. Bertajuk “Down”, single ini ternyata menyimpan banyak cerita dibaliknya.

Kolaborasi ini tercetus ketika Dipha bertemu Cade di We The Fest 2019 lalu, namun baru berjalan setelah mereka kembali bertemu di Ultra Music Studio di Los Angeles.

“Ide musiknya muncul saat gue sedang long trip di California Highway, lalu gue membuat musiknya saat menginap di Joshua Tree. Jadi, lagu ini punya cinematic memories tentang Pacific Coast Highway, padang gurun Joshua Tree dan Californian Sky,” tutur Dipha.

Cade

Cade, musisi R&B asal Amerika Serikat yang diajak kolaborasi Dipha Barus

Dalam hal penulisan lirik, Dipha menyerahkan semuanya kepada Cade. “Saya dan Dipha merasa cocok ketika pertama kali bertemu di Ultra Music Studio sebelum pandemi COVID-19. Dari pertemuan pertama itu, kami merasa terhubung secara personal maupun kolaborator,” ungkap Cade mengenai kolaborasi ini.

“Down” juga hadir dengan trademark dari Dipha, bagaimana dirinya kali ini membawa nuansa bebunyian tradisional Indonesia dengan influence Rindik Bali, dimana terakhir kali dirinya menggunakan sample tersebut tahun 2015 silam.

Pada virtual press conference yang digelar Rabu (12/08) lalu, disampaikan bahwa pada akhir bulan ini, “Down” akan hadir dengan format video musik. Bahkan, Minggu (16/08) ini, Dipha dan Cade akan tampil secara streaming melalui kanal YouTube Dipha.

“Akan ada rencana untuk tampil berdua bersama secara streaming di hari Minggu ini, juga turut menampilkan talent dari Pon Your Tone, juga dengan mereka yang mengirimkan video-video dari suasana langit yang mereka tangkap,” sebagaimana yang disampaikan di virtual press conference.

“Down” dari Dipha Barus dan Cade sudah bisa didengarkan di berbagai layanan streaming musik, juga jangan lewatkan penampilan virtual mereka berdua pada Minggu (16/08) mendatang via kanal YouTube Dipha Barus.

_______

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

Resensi: Sunwich – Storage

jika anda penyuka katalog gelombang baru band indiepop vokalis perempuan, anda harus memberikan Sunwich kesempatan untuk dipasang kencang-kencang.

Mau Tau Banget?: Mentor Interview – Laleilmanino

Selamat datang di edisi perdana Mentor Interview! Sekilas mengenai Mentor Interview, kami berkeliling menemui nama-nama yang sudah tidak asing lagi di industri musik Indonesia saat ini. Nama-nama yang kami temui, mempunyai keahliannya masing-masing di …