Gandeng Doddy Komunal, Jangar Melepas Single Terbaru “Haerath I”

• Sep 29, 2019
Jangar

“Haerath I”: kolaborasi mutakhir Jangar dengan Doddy Hamson ‘Komunal’ Menjadi salah satu lagu yang masuk ke dalam album perdana mereka, Jelang Malam. Sungguh menjadi kehormatan bagi kami untuk menjadi yang pertama kali memperdengarkan single ini ke khalayak ramai sebelum rilis albumnya secara resmi.

Jangar, kuartet heavy rock belia asal Denpasar, Bali, bersiap merilis album penuh perdana mereka, Jelang Malam, pada Selasa (1/10). Album yang diproduseri sendiri oleh para personelnya—Gusten Keniten (vokal), Pasek (drum), Dewa Adi (gitar), dan Raibio (bass)—ini akan dirilis dalam format digital dan cakram padat melalui label rekaman asal Jakarta, Berita Angkasa Records.

Pasek menjelaskan bahwa “Haerath I” bercerita tentang malam pemujaan Dewa Siwa bagi umat hindu yang merupakan malam penebusan dosa bagi pemujaNya di seluruh dunia atau sering disebut Maha Sivhaerathtri (Haerath). Di Kathmandu, Nepal, malam Siwa dirayakan sedikit berbeda, di sebuah kuil yang disebut Pasupatinath, sekali dalam setahun para sadhu (orang suci) diperboleh menghisap ganja sebagai pemujaan kepada Dewa Siwa; menurut beberapa kitab suci, tanaman Bhang (Ganja) merupakan tanaman favorit Dewa Siwa.

“Pada saat pemujaan, sadhu akan melumuri tubuh mereka dengan abu, lalu menyalakan pipa yang telah diisi dengan daun Ganja. Disebutkan ritual ini dilaksanakan untuk menghalau kesenangan duniawi dan melebur bersama alam semesta,” ungkap Pasek.

“Haerath I” dipilih sebagai single perdana di Jelang Malam karena alasan utama: Di dalam lagu tersebut anak-anak rock asal Bali ini pertama kali berkolaborasi dengan musisi idola mereka yang merupakan vokalis band rock petir Komunal, Doddy Hamson.

Jangar. Foto: Ucok Olok

“Di skena ini siapa yang tidak mengenal Doddy Hamson? Sosok yang begitu menginspirasi kancah heavy rock tanah air melalui suara beliau yang khas serta gerakan-gerakan beliau di skena. Menjadikan Doddy Hamson sebagai salah satu kolaborator dalam album Jangar ini tidak akan pernah menjadi keputusan yang salah,” tegas Pasek.

Jelang Malam sendiri berisi sepuluh lagu heavy rock yang dibalut dengan stoner, hard rock, dan disiram oleh arak khas Bali menjadikan citarasa musik Jangar yang spesial. Selain Doddy Hamson, album debut Jangar ini juga melibatkan dua tokoh kancah musik metal/rock Indonesia: Rian Pelor, vokalis DÈTENTION dan eks-vokalis Auman, menyumbangkan suaranya di lagu “Negeri Nego”, dan Morgg, vokalis sekaligus bassist grup grindcore Rajasinga, menggarap sampul album untuk album ini.

Dengarkan single ini secara eksklusif. Caranya klik laman pophariini.com di web browser kalian dan akan muncul pop up. Klik box bertuliskan “Dengarkan Sekarang” untuk mendengarkan single “Haerath I” secara penuh. Jangan lupa syiarkan single ini ke teman-teman kalian ya. \m/

Sampul single Haerath I milik Jangar

_______

Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir

Eksplor konten lain Pophariini

5 Lagu Cinta Indonesia Pilihan SIVIA

Sivia telah mengunggah video rekaman Love Spells Virtual Showcase terbaru melalui kanal YouTube pribadi, SIVIA. Di antara lagu yang bisa disaksikan “Love Jokes”, “Old Love”, “Breathe”, dan “Love Spells” yang terbagi dalam beberapa episode. …

Vinyl Belum Mati: Inilah Daftar Rilisan Setahun Terakhir

Sensasi mendengarkan lagu dari piringan hitam atau vinyl memang berbeda daripada kaset maupun cakram padat. Perbandingan ini tidak termasuk kualitas speaker tambahan yang memadai sebagai pendukungnya. Record Store Day yang diperingati setiap minggu ke-3 bulan …