Ini Dia 10 Lagu Musisi Indonesia Dengan Stream Tertinggi di Spotify

Aug 4, 2021
Spotify

Siapa yang hari ini tidak tergantung dengan layanan streaming digital? Saya tidak perlu memasukkan data tentang seberapa besar orang menggunakan teknologi putar lagu digital ini, tapi saya yakin bahwa hari ini, orang tidak bisa diberi pilihan untuk mendengarkan musik dengan cara yang lebih mudah dan nyaman. 

Yang diuntungkan tentu saja adalah musisi. Ya, saya tahu bahwa Manggung menempati hirarki tertinggi dari sumber pendapatan utama seorang musisi, namun tetap saja, seperti layaknya kita-kita sebagai konsumen musik, tidak ada pilihan lain bagi musisi sebagai produsen musik untuk tidak menggantungkan diri mereka kepada layanan yang satu ini, apalagi di tengah situasi seperti sekarang ini.

Terlepas dari masalah klasik berupa potongan di sana-sini dengan pihak layanan, agregator, saya belum menemukan cara lain untuk mendapatkan uang dari mendengarkan musik selain ini.

Meski dari satu layanan Spotify, namun paling tidak daftar-daftar di bawah ini menunjukkan tingkat kesuksesan musisi dalam memaparkan lagu mereka dengan jangkauan yang luas. Ini juga secara tidak langsung sekaligus menunjukan wajah musik hari ini dan mungkin sampai teknologi mendengar musik mengalami evolusi selanjutnya. 

Jumlah streaming tiap artist terhitung dari waktu tulisan ini naik. Satu detik atau satu hari saja, pastinya daftar sudah berubah. Enjoy the lists! 


1. Fiersa Besari – “Waktu Yang Salah”
Total streaming: 108,684,731  

Fiersa Besari

Fiersa Besari  / dok. Facebook Fiersa Besari

Pangeran folk yang gemar naik gunung ini menduduki posisi pertama dalam puncak daftar ini. Ini menunjukkan bahwa Fiersa memiliki pendengar sejati. 

 

2. Pamungkas – “To The Bone”
Total streaming: 96,605,140

Pamungkas

Pamungkas / dok. @harisman.satria

No wonder jika  “To The Bone” adalah lagu sejuta umat menggantikan “Secukupnya” dan “Akad”, bisa saja hampir setiap kali anak muda di Indonesia memutar ini paling tidak satu kali, ini belum dengan tidak sengaja terpapar di rumah-rumah kopi sampai mini market  yang tersebar di mana-mana. 

 

3. Hindia – “Secukupnya”
Total streaming: 80,522,163

Hindia

Baskara a.k.a. HIndia / foto: dok. Hindia

Angka perolehan dari  “Secukupnya” telak membuktikan bahwa Hindia memang lebih catchy dan ‘masuk’ ke telinga pendengar ketimbang .Feast .

 

4. Yovie Widianto, Tulus, Glenn Fredly – “Adu Rayu”
Total streaming: 79,053,530

Yovie, Glenn, Tulus

Yovie, Glenn, Tulus / dok. istimewa.

Angka ini membuktikan bahwa dua penyanyi kaliber dengan penulis/komposer lagu yang mumpuni adalah pola yang menarik buat diikuti.  

 

5. Sheila on 7 – “Dan”
Total streaming: 74,679,837

Sheila on 7

Sheila on 7 / foto: sheilaon7.com

Kami sudah meriset banyak lagu klasik dari era 90-an, dari Padi, Dewa, Slank, dll dan memang kami mengakui bahwa cah cah jogja ini adalah yang terdepan dan terklasik dari semuanya. 

 

6. Nadin Amizah – “Bertaut”
Total streaming: 71,178,198

Nadin Amizah

Nadin Amizah / Foto: akun Instagram @cakecaine

Single yang diambil dari debut album Selamat Ulang Tahun membuktikan bahwa Nadin adalah penyanyi perempuan yang diperhitungkan di tahun ini.  

 

7. Payung Teduh – “Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan”
Total streaming: 65,334,013

Payung Teduh

Payung Teduh, 2019 / dok. Payung Teduh.

Jika kalian pikir “Akad” adalah lagu sejuta umat, ternyata tidak juga. Kenyataannya, lagu klasik dari Payung Teduhlah yang merajai total putar di laman mereka. 

 

8. Ardhito Pramono – “Bitterlove”
Total streaming: 62,323,361

Ardhito Pramono

Ardhito Pramono / Foto: akun Instagram @ardhitopramono

Meski tidak di puncak atau top 5, namun “Bitterlove” tetap membawa penyanyi jazz dan juga penyiar radio ini menduduki posisi terhormat dalam daftar ini.  Congrats, Ardhito!

 

9. Marion Jola – “Tak Ingin Pisah Lagi”
Total streaming: 49,539,519

Marion Jola

Marion Jola / foto dok. lalamarionmj (instagram)

Saya berpikir bahwa Raisa atau Yura Yunita akan masuk ke daftar ini mewakili penyanyi pop Indonesia, ternyata saya salah.   

 

10. Ari Lasso – “Hampa”
Total streaming: 44,576,115

Ari Lasso

Ari Lasso. / Dok: Pohan.

Menutup daftar ini adalah eks vokalis Dewa 19, Ari Lasso. Sebuah nomor balada sejuta umat yang saya yakin dinyanyikan oleh seluruh penonton di stadion besar.

___

Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Album Ningrat, Jamrud: Kontrasepsi dan Duka Surti

21 Tahun album Ningrat milik Jamrud , gitaris dan penulis lagu Azis M.Siagian sempat bikin geger tahun 2000 lewat “Surti-Tejo”.

Sinergi Sri Hanuraga dan UPH CoM

Adalah musisi jazz Sri Hanuraga bersama dengan UPH Conservatory Of Music yang mengambil sinar panggung kolaborasi kali ini.