Jangar Lepas Dua Nomor Sekaligus

Nov 12, 2021

Setelah melepas “Rijang” di bulan Agustus lalu, kini Jangar kembali melempar bisanya dengan menghadirkan dua nomor sekaligus, yakni “Kali” dan “Samsara”.

Dilepas pada hari Jumat (12/11), Jangar membawa sebuah tema besar seputar permasalahan sebab dan akibat dalam sebuah siklus kehidupan.

“’Kali’ dan ‘Samsara’ adalah catatan, tentang keberadaan kita manusia dalam sebuah budaya dalam ruang semesta. Kita berada di era Kaliyuga, sebuah akhir zaman, dimana dosa bukan lagi hal tabu dan untuk berbuat baik kita masih berpikir. Hal ini menjadi jebakan, jebakan waktu, dimana karma pahala akan membuat kita terlahir lagi dan lagi untuk menebusnya. Perputarannya seperti hari ini dan esok hari, kesalahan kita hari ini akan kita bayar di esok hari”, sambut Gusten Keniten, sang vokalis.

Dua nomor ini terbilang kejutan, karena selain kembali menghadirkan Anda Perdana sebagai vocal director, juga turut hadir sang adik, Bonita yang mengisi beberapa bagian vokal dalam “Samsara”.

Perihal Anda Perdana sebagai vocal director, diakui oleh Jangar bahwa sebenarnya ini adalah ide dari sang manajer, Natha Raharja yang memberikan tantangan untuk mereka.

“Natha (Raharja – RED) yang pertama punya ide, kenapa nggak coba pakai vokal director? Proyek coba-coba lah, dan kenapa bang Anda, secara pribadi memang nyambung. Satu visi yang sama, akhirnya bisa bareng. Dan ternyata memang bagus jalannya”, tambah Gusten saat virtual press conference (12/11).

Jangar, 2021. / Dok: Jangar.

Secara keseluruhan, baik “Kali” dan “Samsara” membawa sebuah nuansa musikalitas yang rasa-rasanya otomatis menimbulkan kerinduan akan penampilan Jangar secara langsung, penuh dengan distorsi dan keringat yang membalut dua repertoar tersebut kala dibawakan dengan energi maksimal.

Juga ada kejutan lainnya, bahwasanya dua nomor di atas termasuk “Rijang” tidak termasuk dalam rencana akan album terbaru mereka.

“Kayaknya sih enggak ya. Kita sudah ngulik EP, lagi-lagi kita pengin buat konsep beda juga secara utuh. Karena “Rijang” ini konteksnya adalah satu hit saja, pengin nunjukin bahwa ini sudah satu paket. Kalau kita masukin ke paket lain takutnya berbeda”, tutup Pasek Darmawaysya.

Di tanggal 20 November mendatang, Jangar akan menggelar kembali PERSAMI, juga sebagai sebuah pesta perilisan akan dua nomor tersebut. Kunjungi laman Instagram dari Jangar untuk menyimak info lengkapnya dan juga dengarkan “Kali” dan “Samsara” di berbagai layanan streaming.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

Marizka Juwita Rilis Single Baru tentang Perpisahan

Setelah bercerita tentang orang yang gampang jatuh cinta di single sebelumnya, kali ini Marizka Juwita mengeluarkan lagu soal perpisahan dengan seseorang.

Era Baru Seorang Salim Lubis

Di momen ini, Salim Lubis menjawab sebuah tantangan di perjalanan bermusiknya terdahulu, yakni menulis sebuah lagu dengan bahasa Indonesia.