Jawab Netizen, Titi DJ Rilis “To Lose”

Apr 2, 2022

Lagi-lagi, rakyat Indonesia membuktikan kekuatannya di dunia maya. Konteksnya dalam artian baik, karena berkat netizen, hadir sebuah karya terbaru dari sang Diva, Titi DJ.

Sebelum berlanjut, semua ini dimulai ketika Tulus merilis album penuh terbarunya, Manusia di awal bulan Maret lalu. Dari sepuluh nomor yang hadir di album tersebut, salah satu nomor menjadi hit yang lalu-lalang di berbagai aktivitas di media sosial. Yang dimaksud, tentu saja adalah “Hati-Hati di Jalan”.

Meledaknya nomor tersebut memicu respon positif beserta candaan-candaan yang mengiringi, salah satunya adalah cuitan dari akun Twitter @fxmario ini.

Sebuah cuitan yang sejatinya tidak bisa langsung ditangkap begitu saja sebelum menyimak maksud bahwa kalimat “Hati-hati di jalan” biasa disingkat dengan “Titi DJ”.

Tidak disangka, cuitan tersebut menjadi viral hingga akhirnya sampai ke genggaman Titi DJ. Tak butuh waktu lama hingga akhirnya sang Diva mengamininya menjadi sebuah karya ‘balasan’ yang berjudul “To Lose”.

“Belum pernah sebelumnya saya merasakan sensasi berdebar-debar seperti ini menjelang rilis satu karya baru. Gimana enggak deg-degan? Lagu #ToLose ini saya ciptakan murni untuk menjawab tantangan dari warganet. Akan lega rasanya bila mereka suka, tapi kalau mereka tidak suka, gimana coba? Di situlah saya merasa tegang”, tulis Titi DJ dalam sebuah unggahan di akun Instagramnya.

 

Sebelum akhirnya menggarap “To Lose”, dirinya memutar otak untuk bagaimana menghadirkan sebuah karya yang membawa perspektif dari sisi pasangan, juga sebagai sebuah respon dari “Hati-Hati di Jalan”. Hadir nama Vega Antares, Ibrani Pandean dan Adrian Martadinata yang tergabung dalam Answer Project yang membantu Titi DJ selama penggarapannya.

Walau terkesan seperti sebuah ‘proyek bercandaan’, namun kualitas Titi DJ sebagai penyanyi dan penulis lagu tentu saja sudah tidak perlu diragukan lagi. “To Lose” menjadi sebuah lagu dengan nuansa 90’s yang kental, untaian lirik-lirik dengan bahasa yang sederhana, sebuah jaminan akan ramainya sing-along dari para penonton ketika nantinya dibawakan secara langsung di depan kerumunan.

Bahkan, kalimat “Hati-hati di jalan” pun juga dituliskan dalam penggalan lirik “Mudah bagimu untuk bilang kepadaku, hati-hati di jalan” yang ceritanya dilanjutkan dalam bagian chorus, “Bagai menegakkan benang basah, banyak sama namun harus berpisah”.

“Semoga ‘To Lose’ bisa menjawab dan memberikan perspektif lain dari Tulus – ‘Hati-Hati di Jalan’, tentang kondisi perpisahan dari dua sisi yang ternyata tidak mudah”, tutupnya.

“To Lose” sendiri juga menjadi karya lanjutan dari dirinya selama masa pandemi ini. Sebelumnya, sudah hadir nomor-nomor seperti “Show Off Your Colors” (September 2020) dan “Superwoman” (November 2021).


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

Teddy Adhitya Ciptakan Kapsul Waktu dalam Videoklip Kembalikanku

Teddy Adhitya kembali merilis videoklip baru dari album semua, semua. berjudul “Kembalikanku” via kanal YouTube teddyadhitya hari Jumat (23/02) menyusul perilisan videoklip “Seperti Setiap Hari” dan “Caraku, Caramu”.   Lagu “Kembalikanku” merupakan trek ke-6 …

Jangar Bawakan Ulang Lagu Iwan Fals di Album Mini Terbaru

Jangar merilis album mini terbaru berjudul Malam hari Jumat (23/02) dengan memasukkan dua single “Artileri” dan “Adiksi” yang rilis 2023 lalu ke dalam daftarnya. Album berisi total enam lagu ini juga menghadirkan satu lagu …