178

Kabar Terbaru Pembatalan RUU Permusikan

Proses pembatalan RUU Permusikan masih panjang. Perhari ini 17 Juni DPR RI akan menggelar rapat evaluasi Prolegnas. Belum diketahui apakah RUU Permusikan akan ikut dibahas atau tidak, yang jelas Koalisi Seni berencana untuk kembali siap-siap mengawal RUU Permusikan dengan mempertemukan kembali Anang, KAMI, KNTL RUUP, dan apabila memungkinkan perwakilan Potlot untuk membahas keberlanjutan wacana Musyawarah Musik Nasional.

Sedikit pengingat sebelumnya selain telah merilis kompilasi 100 Musisi Mengawal Pembatalan RUU Permusikan, sebelumnya juga telah terjadi pertemuan Konfrensi Meja Potlot yang mempertemukan kedua belah pihak yang berseberangan dan telah saling sepakat untuk menunda RUU Permusikan yang sempat menuai kontroversi itu hingga menimbulkan gemuruh pembatalan dari penjuru Indonesia sejak isunya dihembuskan.

Baca juga:  Konfirmasi Otong 'Koil' Akan Penggalangan Dana Panti Asuhan Miliknya
Para peserta Konferensi Meja Potlot yang terdiri dari Anang Hermansyah, Glenn Fredly, Slank dan para perwakilan KNTLRUUP berpose bersama usai mencapai kesepakatan terkait pembatalan RUU Permusikan. (Foto: Sarah Glandosch)

Isu tolak RUU Permusikan ini akhirnya sepakat secara bersama-sama untuk dibatalkan. Namun prosesnya masih panjang. Rapat Baleg ini sendiri adalah Rapat Badan Legistalsi dalam rangka penyusunan RUU. Akan digelar 17-21 Juni 2019 dengan agenda besar laporan progres penyususan NA dan draft berbagai RUU serta pembahasan evaluasi dan perubahan Prolegnas RUU Prioritas tahun 2019.