178

Kanal Vlog Musik Lokal Pilihan Pop Hari Ini

Youtube telah menjadi salah satu media terpenting saat ini. Selain menjadi pengganti TV, Youtube adalah sarana promosi terbaik yang paling efektif. Dari promo lagu terbaru, video musik dan penampilan musik live, juga penayangan ulang acara televisi, lalu sebagai sarana promosi trailer film terbaru, dan yang belakangan ramai dibicarakan di Youtube yaitu vlog.

Vlog adalah video blog, yang kontennya dibuat secara mandiri oleh perorangan atau grup. Vlog ini adalah tren dunia dan tiap negara punya vlogger terkenalnya yang masing-masing dengan jumlah subscriber yang fantastis. Dan bicara fantastis, Indonesia punya Atta Halillintar yang menjadi vlogger pertama di Asia Tenggara yang mencapai angka subscribers tertinggi hingga di atas 13 juta pengikut.

Selain itu Indonesia juga memiliki vlogger musik yang menarik. Dari penyiar radio, mantan jurnalis musik hingga si musisi sendiri. Berikut adalah 5 kanal vlog musik lokal di Youtube pilihan Pop Hari Ini yang aktif dan konsisten menjaga kontennya hingga punya jam tayang yang ditunggu-tunggu oleh pelanggannya. Ada vlog musik lokal favorit kalian yang terlewat? Silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah.

Gofar Hilman – #Ngobam (Ngobrol Bareng Musisi)
Mungkin salah satu vlogger tersibuk saat ini. Pekerjaannya sebagai penyiar radio di sebuah radio pada jam prima di pagi hari membuatnya sibuk juga menjadi MC berbagai acara-acara besar. Dan sebagai penggemar musik terutama punk juga membuatnya sangat dekat dengan musisi-musisi termasuk arus samping. Gofar juga punya hobi otomotif. Makanya konten vlognya cukup beragam. Dari #ngobam, otomotif #Skutomotif, tentang kesehariannya siaran dan menjadi MC, hingga tentang bisnis musik dan kuliner, Lawless Jakarta dan Lawless Burger.

Baca juga:  Resensi: Seringai - Seperti Api

Kanal Gofar aktif sejak 8 Juli 2012, dengan jumlah subscribers 326.000. Dan khusus untuk konten #Ngobam (ngobrol bareng musisi) ini Gofar sudah mewawancarai berbagai musisi dari Danilla, Jason Ranti, Raisa, Isyana, Dj Yasmin, Dipha Barus, hingga yang terbaru ramai dibicarakan adalah ngobam bareng Andika Mahesa mantan vokalis pop melayu Kangen Band atau yang kini dikenal dengan Babang Tamvan.

 

Soleh Solihun – The Soleh Solihun Interview
Memulai vlog nya pada tahun 2008, dan dengan subscribers berjumlah 87.000, Soleh Solihun juga vlogger yang sibuk. Sebagai stand up comedian, pemain film, penulis buku dan penggemar musik yang sekaligus mantan jurnalis musik. Yang terakhir itu membuat Soleh menguasai konten dengan baik. Baik itu dari pemilihan nara sumber dan jenis pertanyaan yang menarik selalu membuat The Soleh Solihun Interview menjadi sangat menarik. Padahal Soleh hanya mewawancarai seseorang pekerja dunia hiburan sambil ia rekam sendiri dengan menggunakan kamera video ponsel di tangannya. Selain itu Soleh juga sering mengangkat tentang berbagai hal lainnya seperti promo filmnya, uji coba MRT dengan presiden Jokowi, dan liputan acara musik. Yang terakhir ini Soleh baru saja mengupload di balik panggung Konser Aku Cinta Iwan Fals awal April ini.

Baca juga:  5 Lagu Indonesia Pilihan Dochi Sadéga "Pee Wee Gaskins"

 

Seringai – Seringai Vlog
Band metal ini berhasil membuat vlog yang sebelumnya didominasi oleh remaja tanggung menjadi khas Seringai. Penuh kejahilan dan canda tawa namun bisa sekaligus tetap gahar sesuai musik Seringai yang didukung melalui grafis dan logo, serta tentunya musik latar cadas, dan kegiatan Seringai manggung di depan para Serigala Militia.

Setelah tayang perdana pada 24 Agustus 2009, vlog Seringai menjadi salah satu vlog band yang paling konsisten tayang dan telah memiliki 37.000 subscribers.

 

Rigrigrig
Ini adalah vlog surganya para gitaris. Akun yang dibuat oleh Iga Massardi, vokalis dan penulis lagu Barasuara yang memang sesorang gitaris akut yang punya perhatian banyak untuk alat-alat musik terutama gitar, efek, ampli dan tetek bengeknya. Dari info mendasar seperti efek murah bagus, efek-efek terbaru hingga membahas ampli Kemper yang tengah hangat di kalangan gitaris saat ini. Sejak November 2013 Rigrigrig telah memiliki 17.000 subscribers, dengan jadwal tayang video baru diunggah setiap Kamis jam 1 siang.

 

Jimi Multhazam & Ricky Malau – Jimi x Malau: NGOBRYLS
Ini pendatang baru di ranah vlog yang datang dari orang lama. Baru berumur 2 bulan, sejak Februari 2019 dengan konten 6 video namun sudah memiliki 3100 subscribers. Penyebabnya adalah duo Jimi dan Malau yang memang orang lama. Jimi Multhazam, adalah seniman dan vokalis The Upstairs dan The Morfem. Sedangkan Ricky Malau, seniman sekaligus aktor/pekerja film Indonesia. Keduanya adalah sahabat karib dari kampus IKJ. Makanya melihat video mereka seperti melihat dua orang sahabat nongkrong bareng. Konten kalnal yang diberi nama NGOBRYLS ini sangat beragam. Dari musik Indonesia, film hingga novel erotis masa remaja mereka. Melihat pemilihan topik-topiknya tampaknya tidak butuh lama bagi Jimi x Malau: NGOBRYLS untuk menjadi kanal yang menarik

Baca juga:  Pesona Twitter Dan Musisi Yang Masih Aktif Di Twitter

 

***

Selain nama-nama tersebut masih banyak vlog musik lainnya. Seperti milik Erix Soekamti dari trio pop punk Endank Soekamti. Dengan jumplah subscribers cukup fantastis, 215.000 kontennya juga sangat beragam.

Lalu ada juga band pop D’masiv yang vlog-nya juga aktif. Salah satu pembahasan yang menarik adalah membahas koleksi milik sang vokalis, Rian.

selain itu masih banyak kanal Youtube musik lokal, seperti Jerinx, drummer Superman is Dead yang baru memulai kanalnya JRX TV, Ari Lasso TV, RAN TV milik RAN, the Adams, Navicula dan masih banyak. Serta kanal alat musik lain seperti Dapoer Gear milik Rama, gitaris Nidji.

 

____