Kotak Menghantam di Soundtrack Satria Dewa: Gatotkaca

May 23, 2022

Siap dihantam oleh Kotak? Hari Jumat lalu, mereka baru saja merilis sebuah single terbarunya yang berjudul “HANTAM!” yang juga menjadi soundtrack dari film Satria Dewa: Gatotkaca.

Trio rock yang kini dihuni oleh Syalindri “Tantri” Ichlasari (vokal), Swasti “Chua” Sabdastantri (bas) dan Mario “Cella” Marcella (gitar) juga mendapat kehormatan tersendiri karena sang single didapuk menjadi soundtrack utama dari film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo tersebut.

 

Perihal inspirasi dari “HANTAM!”, Tantri menceritakan bahwa kebiasaannya dalam menyaksikan film superhero menjadi salah satu alasannya, bagaimana dari beberapa film yang ia saksikan, tidak semua superhero mendapatkan akhir yang bahagia.

“Kemudian saat pembuatan lagu ditambah aransemen musik yang dibuat Cella kuat sekali tema heroiknya, tinggal gali lirik dan kata pertama yang muncul HANTAM!”, tuturnya.

Satu cerita terselip, bagaimana sebenarnya single ini direncanakan untuk masuk dalam barisan materi lainnya di album mendatang Kotak. Namun, dalam perjalanannya mereka mendapatkan tawaran untuk mengisi soundtrack dari Satria Dewa: Gatotkaca.

“Proses pembuatannya sendiri di awal tahun 2021 lalu, kita workshop mencari notasi vokal dan aransemen. Kemudian penggarapan musiknya sendiri yaitu menyesuaikan notasi yang energik dan rock yang mempunyai energi tersendiri di lagu ini, tentunya dengan sentuhan ornamen synth kekinian tanpa menghilangkan benang merah musik Kotak”, tambah Cella.

Ini juga bukan menjadi kali pertama bagi Kotak untuk mengisi soundtrack sebuah film. Dalam beberapa tahun ke belakang, mereka pernah mengisi soundtrack dari film Tendangan dari Langit, Hangout hingga Gundala dan film animasi Boboiboy.

Selagi menunggu film Satria Dewa: Gatotkaca tayang di tanggal 9 Juni mendatang, dengarkan dulu soundtrack dari Kotak di berbagai platform streaming musik.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

Jangar – Malam (EP)

Pelafalan dan karakter vokal Gusten di EP Jangar, Malam, ini mengingatkan pada Yukie PAS band yang melantangkan lirik dengan suara bulat dan diksi lugas

Nagita Slavina Mengawali Rencana Album dengan Single Bersyukurlah

Jeda hampir 2 tahun dari perilisan single terakhirnya “Untukmu Rafathar Rayyanza”,  Nagita Slavina kembali lagi membawa yang terbaru dalam single bertajuk “Bersyukurlah” hari Sabtu (17/02).   Lagu “Bersyukurlah” yang rilis bertepatan dengan ulang tahun …