Lagu-lagu Pop Sekitar Reformasi 1998

May 30, 2018

Momen Reformasi 1998 membawa pengaruh besar di seluruh lini kehidupan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali di lingkup industri rekaman. Sebagai bagian dari media massa, produk rekaman seperti lagu tentu sangat terpengaruh dengan kondisi sosial politik Indonesia kala itu.

Ada beberapa nama “langganan” seperti Iwan Fals yang tentu tidak ketinggalan merekam momen-momen kejatuhan Soeharto. Di tahun tersebut, Iwan bersama Setiawan Djody, Sawung Jabo, Yockie Suryoprayogo, dan W.S Rendra “menghidupkan lagi” proyek supergrup Kantata Takwa lewat Kantata Samsara. Mungkin karena semangat zamannya sudah berubah, album tadi tidak sefenomenal pendahulunya. Lebih ke proyek temu kangen semata.

foto: https://www.kasetlalu.com/product/iwan-fals-kantata-takwa-samsara/

Yang menarik adalah kemunculan nama-nama yang identik dengan lagu-lagu pop berlirik tak jauh dari urusan pribadi dan “remeh temeh” seperti kangen dengan kekasih atau nembak pacar. Saat momen Reformasi, mereka melakukan interpretasi dengan caranya sendiri. Berikut 5 lagu pop sekitar Reformasi 1998.

 

1
2
3
4
5
6
Penulis
Fakhri Zakaria
Penulis lepas. Baru saja menulis dan merilis buku berjudul LOKANANTA, tentang kiprah label dan studio rekaman legendaris milik pemerintah Republik Indonesia dalam lima tahun terakhir. Sehari-hari mengisi waktu luang dengan menjadi pegawai negeri sipil dan mengumpulkan serta menulis album-album musik pop Indonesia di blognya http://masjaki.com/

Eksplor konten lain Pophariini

Daftar Musisi Berzodiak Libra

Kami sesuaikan pula lagu-lagu dari masing-masing musisinya yang mungkin bisa mewakili cerita kehidupan para Libra di luar sana di masa ini.

Gavendri – Should I | GOODLIVE Sessions

Di akhir bulan Agustus lalu, Gavendri kembali melepas satu lagi nomor yang membawa warna terbaru dari perjalanan bermusiknya, peralihan dari pop ke R&B.