Lembar Baru Kolaborasi Isyana Sarasvati dan Deadsquad!

Dec 29, 2021

Masih ingat dengan sebuah kolaborasi yang menggemparkan di bulan April lalu? Kini di penghujung tahun, kolaborasi antara Isyana Sarasvati dan Deadsquad kembali memasuki lembar terbaru perjalanannya.

Hari Senin (27/12) lalu, keduanya merilis “Il Sogno” dalam format digital yang dulunya sempat mereka berdua bawakan di bulan April lalu, yang kini hadir dengan versi terbarunya.

Isyana Sarasvati dan Deadsquad di IDGAF 2021. / Dok: Raka Dewangkara.

Tentu ada alasan mengapa ini menjadi sebuah versi terbaru, mengingat Deadsquad baru saja melalui pergantian personel dengan masuknya vokalis anyar, Agustinus Widi Nugroho yang menggantikan posisi Daniel Mardhany.

Ada beberapa poin yang bisa dicermati lebih lanjut dari versi terbaru ini. Menarik untuk disimak bagaimana kehadiran Widi sebagai vokalis baru yang menuangkan karakter vokal serta eksplorasi dan teknik yang dibawa, bersahut-sahutan dengan Isyana dan kemegahan orkestra yang mengiringinya, juga dengan update dari riff gitar yang digarap bersama oleh Isyana dan Stevi Item.

“Lagu ini diciptakan oleh Isyana dari lirik dan notasi, pattern dan riff. Kami hanya bisa memainkannya dengan cara yang kami tahu kami bisa, tidak lebih dari itu, semoga terhibur ya”, tulis Stevi dalam sebuah postingan di akun Instagramnya.

Isyana Sarasvati dan Deadsquad, Desember 2021. / Dok: Isyana Sarasvati.

Memang, sebelum akhirnya resmi diperdengarkan kepada khalayak luas, baik Isyana dan Deadsquad sudah memberikan ‘bocoran’ dalam beberapa hari ke belakang, mulai dari teaser hingga foto-foto di balik layar. Dalam waktu dekat ini, “Il Sogno” juga akan dihadirkan dalam format video musiknya.

 

Mengenai kolaborasi antara keduanya, semua dimulai ketika di bulan April lalu dalam gelaran I Don’t Give A Fest 2021 yang digarap oleh Pophariini. Tampil selama kurang lebih duapuluh menit, total ada tujuh nomor yang dibawakan bersama, mulai dari “Manufaktur Replika Baptis”, “Pasukan Mati”, “Lexicon” dan juga “Il Sogno” sendiri.

Untuk cerita masing-masing, di bulan Oktober lalu Deadsquad melepas sebuah single terbarunya, “Curse Of The Black Plague” yang juga menjadi awal perjalanan dari Widi sebagai vokalis baru mereka.

 

Sementara Isyana juga sempat terlibat dalam sebuah proyek kolaborasi bersama Diskoria dan Ardhito Pramono di program Studio Pop. Adalah “Yth: NAIF“, sebuah single kolaborasi penuh tribut untuk sang kuartet yang juga melibatkan banyak nama dalam penggarapannya seperti Ricky Surya Virgana dan John Navid (WSATCC), Arif Fauzan (Irama Pantai Selatan), Gilang Gombloh, Adjis Doaibu serta KawaNAIF.



 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

25 Tahun Pandawa Lima: Puncak Abadi Para Dewa

Pandawa Lima, album studio keempat Dewa 19 ini bahkan mengalahkan album Bintang Lima yang jauh lebih mengkilap angka penjualannya

Pergumulan Tanayu di Materi Terbaru

Sebenarnya, Tanayu sudah mulai menggarap lagu ini sejak tahun 2019 lalu. Namun, lagi-lagi situasi pandemi menjadi penghalang untuk melanjutkan prosesnya.