48

LEXICON, Cara Isyana Memahami Perjalanan Hidup

Isyana Sarasvati di perilisan album LEXICON / dok.Instagam/Isyanasarasvati

Setelah 2 tahun berlalu sejak album terakhirnya, Isyana Sarasvati kembali lagi dengan album yang bisa dibilang luar biasa. Bertajuk LEXICON, Isyana kembali memamerkan gaya khasnya dengan nuansa yang berbeda. Seperti unsur rock dan musik klasik yang begitu kental di album ini.

LEXICON merupakan jawaban untuk memahami ke inti makna perjalanan hidup dan cinta seorang Isyana Sarasvati. LEXICON ibarat sebuah kamus dimana akan ditemukan sekumpulan repertoire yang diciptakan untuk mewakili setiap episode perjalanannya. Lexicon dari Isyana membantu para penggemarnya untuk dapat langsung membaca karakter, pemikiran dan gejolak perasaannya dengan mudah. Kita akan dibawa ke dalam episode yang diwarnai dengan suasana muram dan gelisah karena ketidak-pastian yang panjang, sesekali melewati hentakan yang mengejutkan, seperti yang dapat dirasakan pada akhir singel “Untuk Hati Yang Terluka” atau ketak-perdulian dan kepasrahan seperti yang bisa dirasakan pada nomor “Ragu Semesta”.

Baca juga:  Ruby: Sebuah Penanda Dimulainya Gustav Saga Dari Atlesta
Sampul album LEXICON

Menurut Isyana, LEXICON adalah kamus, ketika kita ingin bertemu dengan beragam sentuhan Indah dari para musisi/composer/arranger muda berbakat Indonesia, sebut saja Gerald Situmorang, Tohpati, Kenan Loui, dan kelompok yang menamakan diri The Tuttis, yang terdiri dari musisi- musisi handal, mereka di antaranya Ade Avery, Bonar, Yandi, Kenan, dan Rifka yang meramu berbagai komposisi yang Indah dan artistik di album Lexicon ini.

Isyana mengutip sebuah ucapan dari Jimi Hendrix,”Music doesn’t lie. If there is something to be changed in this world, then it can only happen through music”. Menurutnya, apresiasi dan kritik adalah bagian yang terpenting bagi pendewasaan berkarya, dan album ini adalah hasil pergumulan antara ego atau keterbukaan, gaya kolonial atau milineal, stagnasi atau disrupsi.

Baca juga:  Ikkubaru Terus Bicara Lewat Silent

 

_____