MALIQ & D’Essentials Persembahkan Warna Baru dari Karya Ahmad Dhani

Aug 4, 2021

Sebelum masuk ke sajian utamanya, mari sedikit kilas balik ke bulan Mei lalu. Di bulan tersebut, hadir sebuah momen penuh tanda tanya ketika Ahmad Dhani mengundang beberapa nama musisi ke rumahnya untuk sebuah pertemuan. Nama-nama tersebut meliputi RAN, NTRL, David Bayu, hingga MALIQ & D’Essentials.

 

Tidak lama setelahnya, muncul kabar bahwa Ahmad Dhani bersama Dewa 19 akan menggelar perayaan 30 tahun Dewa 19 di tahun 2022 mendatang. Sebagai pemanasan, sang maestro mengajak beberapa nama (yang beberapa di antaranya sudah disebutkan di atas) untuk membawakan ulang karya-karya dari Ahmad Dhani dan Dewa 19.

Tidak butuh waktu lama dari kabar tersebut, hadirlah deretan versi aransemen terbaru dari nomor-nomor Dewa 19 yang dibawakan oleh musisi lintas generasi. Dimulai dari Pamungkas yang membawakan ulang “Risalah Hati” dan “Pupus”, Yura dengan “Kangen”, hingga yang teranyar, MALIQ & D’Essentials dengan tidak tanggung-tanggung, tiga nomor langsung mereka hadirkan.

Hari Rabu (04/08) ini, nama terakhir yang disebut baru saja melepas ketiga nomor tersebut dalam format digitalnya. Tiga nomor tersebut yakni “Aku Disini Untukmu”, “Kamulah Satu-Satunya” dan “Aku Cinta Kau dan Dia”.

Ini menjadi sebuah cerita lanjutan setelah di hari Sabtu (31/07) lalu MALIQ membawakan ketiga nomor tersebut secara perdana dalam gelaran Dewa 19 Feat Virzha Virtual Concert Collaboration with MALIQ & D’Essentials & David Bayu.

 

“Jadi, kayak ada beban untuk, bagaimana caranya bisa bikin lagu enak dari lagu yang sudah enak. Harapannya, lagu-lagu yang kita sudah aransemen ulang ini bisa diterima oleh banyak orang untuk Baladewa dan D’Essentials. Semoga bukan hanya dapat esensi lagunya Ahmad Dhani, tapi juga esensi dari lagu-lagunya MALIQ”, tutur sang gitaris, Arya ‘Lale’ Aditya.

Ketiga nomor tersebut juga mendapat pujian dari sang empunya karya, Ahmad Dhani.

“Ternyata MALIQ bisa mengubah lagu-lagu Dewa 19 menjadi sesuatu yang berbeda daripada lagu aslinya. Sehingga tidak hanya menjadi lagu cover biasa karena yang dihindari menjadi lagu cover biasa. Alhamdulillah sampai saat ini artis-artis yang kami pilih artis yang kreatif sehingga lagu yang dinyanyikan menjadi cover tak biasa”, sambut Ahmad Dhani.

Proses rekaman serta mixing dan mastering dilakukan oleh MALIQ di studio mereka sendiri, sementara untuk mastering dari nomor “Aku Disini Untukmu” dan “Kamulah Satu-Satunya” dibantu oleh Dimas Pradipta. Juga hadir Jordy Waelauruw, pemain trumpet yang kerap membantu MALIQ di panggung dalam nomor “Aku Disini Untukmu”.

“Aku Disini Untukmu”, “Kamulah Satu-Satunya” dan “Aku Cinta Kau dan Dia” dari MALIQ & D’Essentials sudah tersedia di berbagai platform.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Album Ningrat, Jamrud: Kontrasepsi dan Duka Surti

21 Tahun album Ningrat milik Jamrud , gitaris dan penulis lagu Azis M.Siagian sempat bikin geger tahun 2000 lewat “Surti-Tejo”.

Selesai Vakum, Audrey Tapiheru Bocorkan Tanggal Rilis EP Debutnya

Audrey Tapiheru merasa bahwa EP debut ini adalah sebuah ‘hutang’ kepada para pendengarnya yang telah setia menunggunya selama vakum.