Manggung di Festival Musik Bukan Lagi Mimpi!

Mar 14, 2023

Meski ada banyak festival musik di Indonesia, namun pada kenyataannya tidak semua band bisa unjuk gigi di berbagai festival yang ada. Nama-nama yang itu-itu saja di line up menjadi cerita lama yang sudah tak penting dibicarakan.

Justru yang terpenting adalah seberapa kuat karakter band untuk bisa dilirik promotor dan bermain di sebuah festival yang bergengsi?

Nah, salah satu cara untuk menebalkan karakter itu adalah dengan sebuah proses kurasi yang digelar oleh media musik. Pophariini dan program Irama Kotak Suara-nya adalah satu dari mungkin banyak program kurasi musik yang ada di Indonesia. Setiap program melahirkan band-band yang qualified yang layak dipromosikan untuk bermain di festival musik besar.

Yang menariknya, we’re one step ahead dari ajang kurasi yang ada hari ini. Menggandeng tunecore, sebuah agregator asal New York yang mendedikasikan diri mencari talenta independen baru di tanah air, program Irama Kotak Suara ini bahkan tak hanya mengantarkan band bermain di festival musik di dalam negeri, tunecore dengan jejaringnya bahkan membuka kesempatan untuk memberangkatkan band Indonesia untuk pentas di festival internasional di Singapura pada September nanti.

Program ini sudah berjalan dari Januari tahun ini. Ratusan lebih karya yang diterima redaksi Pophariini selama penyelenggaraannya. Ada pemenang bulanan yang dipilih untuk unjuk gigi pada event Irama Kotak Suara Live di Foya sejak Februari. Doorprize-nya adalah bermain di festival bernama AXEAN (dulu bernama ASEAN Music Showcase Festival) yang nantinya akan digelar September tahun ini.

Cuma butuh 2 syarat buat ikutan program Irama Kotak Suara x tunecore ini:

Pertama, kalian harus punya karya terbaru. Ya, karya terbaru yang belum pernah dipublikasikan lewat agregator mana pun.

Kedua, kalian harus mendaftarkan karya terbarunya lewat link Pophariini.com/IKStunecore. Bergabung dengan tunecore dan rilis karyamu di sana. Untuk yang punya agregator yang berbeda, maka karya tidak akan lulus kurasi.

Jika dua syarat ini sudah kalian ikuti, dan kalian sudah merilis karya kalian via tunecore, kalian bisa buka halaman Irama Kotak Suara di sini

Daftarkan karya yang barusan dirilis, masukan nama band, personil, artwork serta karya kalian beserta kode ISRC Tunecore-nya. Once ini sudah aman, karya kalian layak untuk dikurasi.

Rewards:

Selain bermain di festival musik bergengsi di Singapura, bagi band/musisi & karya yang lolos seleksi juga akan berhak untuk mendapatkan hadiah sebagai berikut:

  1. Dibuatkan mini album oleh Pophariini
    Pophariini akan mencarikan produser musik, studio rekaman dan jadwal rekaman agar mini album kalian siap untuk dirilis.
  2. Collaboration single dengan artist tunecore Asia
    Kami memberikan ruang untuk berkolaborasi dengan artist tunecore dari Asia agar karya kalian terdengar internasional.
  3. Bermain di festival bergengsi dari Pophariini
    Pophariini punya festival keren bernama IDGAF yang digelar setahun sekali. IDGAF selalu memberikan slot untuk band-band di program Irama Kotak Suara untuk diberikan panggung yang proper.
  4. Ada banyak reward lainnya yang bisa kalian baca di sini  

Jadi tunggu apa lagi? Siapkan lagu terbaru, Klik Pophariini.com/IKStunecore dan siap-siap terbang ke Singapura.


 

Eksplor konten lain Pophariini

Afgan Merilis Karya yang Paling Personal Berjudul Sonder

Selang empat bulan dari perilisan single “Shallow Water”, Afgan akhirnya melepas album berbahasa Inggris kedua berjudul Sonder tanggal 21 Juni lalu sesuai yang direncanakan. Album mini tersebut menampilkan total 5 lagu dengan trek fokus …

Gagasan Perayaan Risky Summerbee & The Honeythief di Single Carnivalesque

Berjarak 2 bulan dari perilisan “Perennial”, Risky Summerbee & The Honeythief kembali lagi membawa yang terbaru dalam tajuk “Carnivalesque” hari Jumat (14/06).   Rizky Sasono yang menuliskan lirik lagu ini dengan mengangkat tema perayaan …