Membalut Kesederhanaan Dalam Double-Album Harlan Boer

Jun 11, 2020

Satu lagi rilisan segar yang muncul ditengah pandemi ini. Dengan segala kesederhanaannya, Harlan Boer merilis sebuah double album bertajuk Fidelitas Cinta. Bicara soal kesederhanaan, memang dikisahkan bahwa Harlan menggarap 20 nomor dalam album tersebut hanya di rumahnya saja, hanya dengan perangkat-perangkat yang terbatas. Sederhana bukan?

Sampul Album Harlan Fidelitas Cinta 01

“Saya hanya menggunakan beberapa alat musik yang ada di rumah. Gitar istri saya, harmonika yang dikasih teman saya, drum machine Roland keluaran tahun 1987 yang sekitar dua tahun ini dipinjamkan oleh teman saya bersama adaptor yang agak menghasilkan noise, dicolok ke ampli bass Cort, Glockenspiel, Casio SA-5, tambourine, dan baby tambourine yang sudah agak rusak”, ungkap Harlan mengenai kesederhanaan serta keterbatasan yang sudah sempat diungkit di awal.

Mengkondisikan penggarapan album tersebut dengan kondisi di rumahnya juga menjadi tantangan tersendiri bagi Harlan, dimana sebisa mungkin dirinya tidak mengganggu aktifitas penghuni lainnya di rumah dan sekitarnya.

sampul album Harlan Boer – Bila Lapar Melukis.

Untuk meminimalisir kebisingan yang dihasilkan dirinya, Harlan mengatur waktu rekaman Fidelitas Cinta seefisien mungkin. Kejadian-kejadian seperti tiba-tiba masuknya sang anak ditengah proses rekaman dan hujan lebat yang pada akhirnya membuat Harlan memutuskan untuk melanjutkan rekaman agar suara hujan tersebut masuk ke rekaman, adalah beberapa kejadian-kejadian lucu yang terjadi selama penggarapan album ini di rumah Harlan.

Masih berbicara mengenai album tersebut, tema yang diangkat adalah tema-tema yang jika direnungi lebih lanjut, terasa relevan dalam beberapa bulan kebelakang. Pasca pandemi ini, tema-tema seperti jarak dan pertemuan, hilangnya pekerjaan, siasat untuk bertahan hidup, serta beberapa hal lainnya, adalah yang Harlan ceritakan dalam Fidelitas Cinta.

Fidelitas Cinta hadir dalam double album, juga dengan format online mixtape, bekerja sama dengan VJ>Play, yakni bagian dari Visual Jalanan yang dikelola oleh Forum Lenteng. Mengenai ‘kolaborasi’ antara Harlan dengan VJ>Play, awalnya didasari oleh ajakan VJ>Play kepada Harlan untuk mengisi salah satu section di situs tersebut.

Sampul Album Harlan Fidelitas Cinta 02

“Karena saya tidak biasa menyimpan lagu di komputer, kecuali master album-album saya sebelumnya, jadi saya pikir, rekam saja lagu-lagu baru. Jadinya, sekalian merilis album baru,” tutup Harlan.

Double album Fidelis Cinta sudah bisa didengarkan melalui tautan berikut:

https://play.visualjalanan.org/fidelitas-cinta/

 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

5 Alasan MALIQ & D’Essentials Enggak Bubar

Menyambut perilisan album baru MALIQ & D’Essentials, Can Machines Fall In Love? tanggal 30 Mei 2024, kami menemui mereka di sela-sela waktu latihan hari Selasa (21/05) di studio Mad Haus.   View this post …

5 Musisi yang Wajib Ditonton di Java Jazz Festival 2024

BNI Java Jazz Festival 2024 sudah di depan mata. Musisi nasional hingga internasional siap memberikan pertunjukan terbaik bergantian tampil di sejumlah panggung tanggal 24-26 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Selain nama-nama besar, …