220

Menjadi Band Sepanjang Masa, Sebuah Diskusi

Ada banyak faktor yang bisa menjadikan band abadi dan dikenang sepanjang masa / dok. istimewa

Dewasa ini, banyak band/musisi bermunculan setiap minggunya. Bahkan, dalam satu minggu bisa jadi terdapat 2-3 band baru. Indikasi paling mudah dapat dilihat di New Music Friday, sebuah daftar rilisan lagu baru yang dikeluarkan Spotify setiap jumat, dimana selalu ada lagu baru dari musisi baru setiap minggunya.

Band/musisi ini tumbuh bak pasir di pantai. Dari jaman dulu sampai hari ini, terdapat banyak band yang menghiasi di timeline masing-masing era musik populer Indonesia. Tidak sedikit juga yang kemudian melegenda dan dikenang sampai hari ini seperti Koes Plus, God Bless, Sheila on 7, Padi, Naif bahkan Jamrud. Nama-nama ini seakan menjadi patron bahwa musik sedianya bisa menjadi sesuatu yang timeless dan bisa dikenang sepanjang masa.

Baca juga:  Ulang Tahun Film Kuldesak Ke 20

Menjadi band sepanjang masa mungkin terdengar klise, namun ini adalah sebuah paket dari beragam hal: Lagu yang hit, kekompakan penuh, dan target pasar yang jelas serta banyak faktor X lainnya. Di tiap band, semua faktor ini bisa ada atau bisa juga tidak. Pengalaman yang beragam dan subyektif dari tiap band menjadi sebuah guru yang baik bagi generasi selanjutnya.

Pophariini dan Kios Ojo Keos mengadakan acara BISIK-BISIK, sebuah diskusi santai yang akan mengupas pengalaman-pengalaman ini. Tentang bagaimana sebuah band tumbuh dari keterasingan hingga menjadi dekat dengan para penggemarnya, bahkan sampai lintas generasi. Berbagai pengalaman bisa menjadi Ilham bagi banyak peserta diskusi yang ingin memulai bandnya sendiri agar kelak menjadi band yang bisa dikenang sepanjang masa.

Baca juga:  Ketika Rich Brian Bertemu Presiden Jokowi

BISIK-BISIK akan diadakan pada Selasa, 27 Agustus 2019 di Kios Ojo Keos (Bona Indah Plaza Blok A2 No. B11, Jl. Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan 12440). Acara diskusi ini akan diisi oleh Cholil Mahmud dari Efek Rumah Kaca dan Bam Mastro dari Elephant Kind sebagai pembicara serta Bodat & Awan dari .Feast sebagai moderator. Selain diskusi, acara BISIK BISIK ini juga akan diselingi oleh games memperebutkan skor yang diikuti oleh dua band, Efek Rumah Kaca dan .Feast dengan dipandu oleh Elephant Kind.