Menyambut Gerhana Bulan, Ini 6 Lagu Indonesia Tentang Bulan

May 27, 2021

Semalam Gerhana Bulan terjadi berkaitan dengan hari raya Waisak. Untuk menyambut datangnya momen langka ini, Pophariini mengumpulkan enam lagu populer Indonesia tentang bulan. Dari Netral formasi awal, Sal Priadi, legenda jazz Indra Lesmana hingga HiVi dan salah satu pentolan pop melayu kebanggaan Indonesia, Radja.

Seperti dilansir Kompas.com semalam pada hari Rabu (26/5/2021) kita disambangi oleh kesempatan langkauntuk menyaksikan gerhana bulan total (GBT) yang berwarna merah dan disebut pula dengan Bulan Merah Super (Super Blood Moon).

Silahkan disimak 6 lagu populer Indonesia yang bertema bulan pilihan redaksi Pophariini. Jika menurut kalian ada yang terlewat, silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah ini.

 

Sal Priadi – Bulan yang Baik

Merupakan singel terbaru dari penyanyi pria asal Malang yang kini hijrah dan menetap di Jakarta. Sebelumnya Sal telah merilis album penuh Berhati di 2020. Singel keempat ini sepertinya menjadi jembatan untuk menuju album berikutnya.

 

Indra Lesmana & JavaJazz – Bulan di Atas Asia

Diambil dari album kompilasi terbarunya, The Essentials Volume 1 sang maestro hidup jazz Indonesia ini memiliki lagu dengan tema bulan yang dibawakan bersama JavaJazz yang berjudul “Bulan di Atas Asia”. Trek mid-tempo bernuansa asia ini berdurasi hampir 7 menit dan memuat permainan solo piano Indra Lesmana yang ciamik.

 

Rhoma Irama – Bulan Purnama

Diambil dari album berjudul Purnama tahun 1992, ini merupakan album perdana Soneta berkolaborasi dengan ratu dangdut dunia, Latta Mangeshkar. Lagunya sendiri merupakan pemujaan tentang indahnya malam bulan purnama. Sedikit info dari Wikipedia, pada masanya Rhoma Irama sempat protes keras pada produser karena pencantuman merek obat sebagai sponsor pada sampul album.

 

Netral Cahaya Bulan

Merupakan lagu baru dan singel utama dari album kompilasi Netral is the Best yang dirilis tahun 2002. berisi 14 lagu, 12 lagu lama diambil dari album-album Netral sebelumnya, seperti “Wa..lah..”, “Nurani”, “Pucat Pedih Serang”, “Bobo”, “Desaku”, dan lain-lain. Album ini direkam sudah bersama drummer Enno Gitara, drummer yang menggantikan drummer Netral sebelumnya, Bimo.

 

HiVi – Bumi dan Bulan

Lagu ini merupakan singel terbaru HiVi yang dirilis pada tahun 2019 lalu. Sebelumnya secara berturut-turut HiVi telah merilis tiga album yaitu, Say Hi to HiVi! (2012), Kereta Kencana (2017) dan Ceritera (2019)

 

Radja – Bulan

Okey, yang satu ini bukan bulan sebagai objek luar angkasa yang dimaksud oleh Ian Kasella dkk. Melainkan bulan sebagai penanggalan. Tapi tidak mengapa karena lagu hits ini  begitu catchy, mudah terngiang-ngiang di kepala, dan ogah pergi cepat-cepat. Jangan lupa dipakai kacamata hitamnya sambil mendengarkan lagu ini!

 

____

Penulis
Fari Etona
Pendenger musik pop dan rock, serta pecinta binatang dan pemakan buah-buahan.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Kaset Klub, Program Inisiasi La Munai Records dan Les Siebon

La Munai Records bersama Les Siebon resmi menghadirkan Kaset Klub, sebuah program pengarsipan musik dalam format kaset pita serta merchandise.

5 Bentuk Emosi di EP Perdana Milledenials

Unit Emogaze asal Bali, Milledenials baru saja melepas sebuah EP perdananya yang bertajuk 5 Stages of Doomed Romance pada hari Jumat (10/09) lalu.