Mei ’98 Dalam Kenangan Musik Indonesia

May 25, 2019

Sebagian besar materi Ahmad Band direkam di rumah kontrakan Ahmad Dhani di Bintaro serta studio Gins di Jakarta Timur, studio milik Aquarius, label Ahmad Band saat itu.

Sedangkan Album Minggu Ini dari netral sendiri direkam di studio Bulletin di Kemanggisan. Dalam masa promonya di tahun 98, Bimo ingat sekali tak satupun lagu dalam Album Minggu ini yang terputar di radio.

“Dulu radio jarang ada yang mo muter netral. cuma album ke-1 doang. Lagu “Walah” dulu digenjot promo abis-abisan sama Indosemar tuh.. Itu lagu juga ketolong Prambors juga, Airplay terus-terusan,” ungkapnya.

Alasan kenapa lagu-lagu di Album Minggu Ini tak dapat porsi di radio ditengarai karena soundnya yang berisik.

“Nggak radio sound,” tambahnya.

Ahmad Band, circa 98 (?)

Beda Netral, beda Ahmad Band. Pasca rilis Ideologi Sikap Otak, debut album Ahmad Band, mereka melakukan serangkaian show dan promosi ke Jakarta, Bandung dan Surabaya. Volume manggungnya pun lebih banyak dari Netral. Alasannya simpel, Ahmad Band selalu menjadi pembuka dari Dewa 19. Dan Netral ada band dengan jadwal panggung lumayan banyak di tahun itu, sama halnya dengan Gigi.

Cerita seru mengiringi hari-hari Bimo sepanjang tahun 98. Dari mulai manggung ditimpukin sampai lupa bawa perlengkapan drum.

“Di acara SMA Negri di Bandung tuh di daerah Cihampelas ditimpukin, gara-gara nyela anak punk,” kenang Bimo sambi tertawa.

1
2
3
4
5
6
Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat dua album.

Eksplor konten lain Pophariini

Virdania Melepas Video Musik “Door of Changes”

Virdania kembali dengan karya terbaru melalui peluncuran video musik single “Door of Changes” yang sudah bisa disaksikan melalui kanal YouTube Virdania.

16 Pertanyaan: Mezzaluna

Mezzaluna tak main-main berkarier di musik. Bukan sekadar untuk menjadi terkenal. Kami mencoba untuk mengenal Mezzaluna lewat rubrik 16 Pertanyaan.