2704

Panduan Memilih Gitar Listrik Agar Terlihat Keren

Ilustrasi: @abkadakab

Salah satu faktor utama gitaris memilih gitar tentu bentuknya. Berbeda dengan kibor atau drum yang bentuknya cenderung sama, seorang gitaris bisa memilih bentuk model gitar sesuai genre musik dan prefrensi gaya kesukaan mereka. Lagian jaman sekarang memilih gitar dengan alasan utamanya karena sound adalah alasan yang kuno. Karena sound itu bisa dicari melalui modifikasi/upgrade pickup dan efek-efek. Perlu diingat sekali lagi di sini kita bicara kekerenan, bukan teknis. Baiklah sodara-sodara, ini adalah panduan untuk memilih model gitar agar terlihat keren.

Stratocaster
Ini model gitar paling pasaran seantero jagad raya. Dari pengrajin gitar di pelosok daerah di Indonesia hingga perusahaan gitar sekelas PRS belakangan mengeluarkan Strat (Stratocaster) signature John Mayer. Sound gitar ini memang paling ramah untuk semua jenis musik. Namun karena pasaran dan sound-nya yang terlalu aman membuat kadar kekerenannya hilang. Sehingga jarang adagitaris Indonesia yang setia dengan Strat.

Baca juga:  Album yang Mengubah Hidup: Danilla

Maka itu pilihlah model vintage atau reissue. Tahun terbaik: 70an, karena kepala (headstock) nya yang besar akan membuat terlihat menonjol dan cool. Tahun 50 dan 60an bolehlah. Tapi karena serupa, dijamin hanya gitaris saja yang ngeh hal itu. Kadar kekerenan gitar ini akan naik drastis bila tampilan gitarnya sudah usang seperti telah dipakai manggung puluhan tahun (relic). Untuk mendapatkan Fender Strat reissue 50-70an yang terjangkau carilah buatan Jepang. Kalau cekak kantongnya, ada seri Classic Vibe, keluaran Squier. Atau Strat copy bikinan merk vintage Jepang seperti Tokai, Fujigen dll.