Perjalanan Panjang Basboi dalam Album Debutnya

• Jun 18, 2021

Setelah melalui rangkaian single-single yang dilepas secara eceran di beberapa waktu ke belakang, akhirnya Basboi resmi menutup rangkaian tersebut dengan album debutnya, Adulting For Dummies.

Resmi dilepas pada hari Jumat (18/06) ini, Basboi menyuguhkan total 10 nomor di album debutnya ini, juga termasuk nomor yang sudah lebih dulu diperdengarkan, seperti “Make Me Proud”, “CHING”, dan “Come Over (I’m In Tresno)”.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Basboi (@bas.boi)

Basboi menganalogikan album debutnya ini sebagai sebuah buku yang merangkum 10 cerita dari permasalahan-permasalahan yang kerap dihadapi oleh seorang manusia di usia 20 tahun-an. Mulai dari keuangan, karir hingga pencarian jati diri, hal-hal tersebut terangkum dalam Adulting For Dummies ini. Tidak hanya itu, ini juga menjadi sebuah buku panduan bagi Basboi sendiri.

Satu kejutan dari Adulting For Dummies, bagaimana Basboi membawa banyak warna di dalam album debutnya ini. Mulai dari warna club-ish trap beat, bossanova, hingga sebuah nomor dengan warna gospel klasik layaknya sebuah paduan suara dari gereja yang dirinya bawakan bersama Kamga (Hondo) dalam nomor “Bismillah”.

Selain Kamga, juga tersebut nama Matter Mos dalam nomor “Make Me Proud (Remastered)”, Ariel Nayaka dalam nomor “Grown Up”, dan Mouzect di nomor “Gem In I”.

Jika bicara mengenai lirik, ini juga menjadi satu lagi ciri khas dari Basboi, bagaimana dirinya bisa membungkus lirik-lirik dengan kosakata sehari-hari, terkesan janggal dan seenak hati, namun masih bisa dicerna dengan lugas. Bahkan, beberapa diantaranya menjadi penggalan lirik yang kerap kali teringat.

Untuk menegaskan kalimat terakhir, coba simak nomor “CHING” kala dirinya menyelipkan lirik “Ya Allah / Ya Rabbi / Why you make me a broke man?”.

 

Kilas balik mengenai sang rapper, di bulan Maret lalu dirinya sempat hadir dalam sebuah kolaborasi berupa maxi-single bertajuk Songs To Begal To bersama BAP.

Adulting For Dummies, album debut Basboi sudah bisa disimak di berbagai digital streaming platform.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

5 Lagu Indonesia Pilihan Svmmerdose

Mungkin, lima lagu Indonesia pilihan Svmmerdose berikut ini akan membawa kalian berpikir lama kembali ke masa lalu. Penasaran?

Rub of Rub – Fluktuasi

Untuk mengisi malam-malam hening, memutar Fluktuasi dari Rub of Rub amat sangat direkomendasikan untuk siapapun yang ingin ‘rileks’.