PHI Tips: Awalnya Ampas, Sekarang Emas

Nov 17, 2021

CD Rusak Jangan Dibuang!

Kebiasaan mendengarkan lagu melalui digital streaming platform tak membuat sebagian orang berhenti untuk membeli merchandise CD (compact disc) yang dikeluarkan oleh band atau musisi favorit mereka. Ya, merchandise apapun dari idola tetap menjadi koleksi yang berharga di era ini.

Lalu, bagaimana jika koleksi CD tersebut rusak? Supaya anti nyampah, sebaiknya kita tidak membuangnya karena CD terbuat dari plastik polikarbonat, yang seringkali lebih sulit untuk didaur ulang. Apabila ingin mendaur ulang CD, di tempat yang memang bisa melakukannya dan ini jarang ditemukan. 

Menurut sebuah penelitian, CD akan rusak dengan sendirinya setelah 8 hingga 10 tahun. Namun, CD tidak disarankan dibuang ke tempat sampah karena membutuhkan waktu lebih dari satu tahun agar CD bisa terurai sepenuhnya di tempat pembuangan. 

Maka dari itu, banyak cara cerdas dan ramah lingkungan untuk memanfaatkan CD rusak. Kira-kira apa saja yang bisa diciptakan dari CD?


1. Pick Gitar.

Siapkan gunting, spidol, isolasi, amplas halus, dan pick gitar yang akan diduplikat. Praktisnya, kita bisa langsung membeli alat pemotong pick di toko online.

 

2. Hiasan gitar.

Potong CD menjadi kepingan sesuai dengan pola yang diinginkan. Gunakan lem kayu untuk menempel kepingan tersebut di badan gitar.

 

3. Tatakan gelas.

Lukis CD yang sudah tidak terpakai dengan menggunakan cat akrilik. Biarkan cat mengering sebelum digunakan menjadi tatakan gelas.

 

4. Aksesori.

Beli pengait anting di toko aksesori. Bersihkan terlebih dahulu menggunakan alkohol agar steril sebelum dipakai. Potong CD sesuai bentuk yang diinginkan.

 

5. Tempat penyimpanan aksesori.

Lubangi bagian tepi CD secara melingkar dengan menggunakan bor kecil. Letakkan di tempat CD yang sudah tidak terpakai dan siap digunakan.

Nah, sudah tau ya kenapa CD rusak jangan dibuang. Pastinya biar anti nyampah, terus lo jadi bisa punya stok pick gitar, dan lo juga enggak perlu nempelin stiker di badan gitar karena bisa memanfaatkan CD sebagai hiasan. Yang enggak kalah berguna sih, aksesori lo jadi enggak berantakan karena udah ada tempatnya!

 

Ilustrasi oleh Surya Fikri (@kuyasunda).


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Sony Pringapusan20
Sony Pringapusan20
14 days ago

👍👍👌

Eksplor konten lain Pophariini

Laidthis Nite Kembali dengan “It’s Gonna Be Alright”

Sembilan bulan setelah “LoveLight” diperdengarkan, Laidthis Nite kembali dengan single baru tentang hasrat dalam judul “It’s Gonna Be Alright” (12/11).

Menakar Hak Pencipta Lagu

Sebelum bicara hak pencipta lagu mari bicara soal ini. Sebagian besar musisi indie sudah mengerjakan apa yang umumnya label rekaman lakukan pada umumnya. Yaitu merekam lagunya melalui perangkat sendiri tanpa harus diberi modal besar …