PHI Tips: Kalo Bener Ngerawatnya, Awetnya Bener-Bener

Dec 20, 2021

Cara Merawat Earphone Biar Tetap Awet

Zaman sekarang begitu banyak pilihan earphone dari yang sangat murah hingga yang begitu mahal. Tapi mau murah atau mahal, jika earphone cepat rusak lalu apalah artinya? Kita seringkali menyepelekan earphone karena dia kecil, mudah digulung. Terlebih karena banyak yang harganya begitu murah. Sehingga tak jarang kita memperlakukan nya dengan asal-asalan. Dimasukan sekenanya ke kantong celana atau tas, jatuh, terinjak, mati sebelah, kabelnya putus, dan masih banyak lagi.

Padahal, cara merawat earphone itu tidak sulit. Kuncinya adalah menghargai benda kecil yang sangat terpakai di era sekarang ini baik untuk sehari-hari maupun untuk rapat-rapat via daring. Dari pada sembrono menggunakan earphone dan berujung sering beli baru dan menghasilkan sampah elektronik, lebih baik beli satu yang bagus dan dirawat dengan baik. Apalagi kalau mengingat tumpukan sampah elektronik di Indonesia sendiri sudah mencapai 2 juta ton pada tahun ini, alias terbanyak di Asia Tenggara. 

Simak PHI Tips untuk tips dasar cara merawat earphone berikut biar lo bisa anti nyampah!


Simpan earphone dalam tempat penyimpanan tersendiri.

Tidak perlu dijelaskan lagi bukan? Memperkecil resiko nyelip, jatuh, terinjak, kabelnya kusut dan putus, dan masih banyak lagi. Selain itu juga menyimpan earphone dalam tempat tersendiri otomatis akan memperpanjang umur kabelnya. Karena tidak akan awut-awutan dan berpotensi putus di dalam kabel.

 

Cabut earphone setelah pemakaian.

Tentunya untuk dimasukan ke tempatnya. Karena kalau menempel terus kemungkinan rusak, ketarik tidak sengaja cukup besar.

 

Cabut plug nya, bukan kabelnya.

Ini penting. Cabut earphone dengan cara pegang dan tarik bagian plastik keras di pangkal nya ketika mau mencabut earphone. Bukannya asal tarik kabelnya saja. Itu judulnya tindakan keji bagi umur earphone kita.

 

Hindari memakai earphone sambil tidur.

Earphone dan kabel kusut tertindih = earphone rusak lebih cepat.

 

Bersihkan earphone kamu.

Ini urusan nya dengan kehigienisan kita. Sebagai benda yang masuk ke dalam telinga kita tentu harus dijaga kebersihannya bukan? Jangan sampai membawa kotoran dari luar ke kuping kita atau sebaliknya.

 

Jangan pinjamkan earphone kamu.

Ini urusannya selain tentunnya kehigienisan juga adalah faktor kita tidak tahu kebiasaan orang lain. Sudah apik kita jaga, tahunya dipakai semena-mena, kan,  jadinya semua yang sudah kita lakukan untuk merawat earphone kita jadi percuma.

Dengan mengikuti PHI Tips di atas, lo bukan cuma berkontribusi untuk jadi individu yang anti nyampah dan mengurangi sampah elektronik, tapi juga secara tidak langsung menyimpan lebih banyak bajet untuk kebutuhan lain yang sama pentingnya. Silakan buktikan sendiri!

 

Semua ilustrasi oleh Surya Fikri (@kuyasunda).

Penulis
Pop Hari Ini
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

25 Tahun Pandawa Lima: Puncak Abadi Para Dewa

Pandawa Lima, album studio keempat Dewa 19 ini bahkan mengalahkan album Bintang Lima yang jauh lebih mengkilap angka penjualannya

Pergumulan Tanayu di Materi Terbaru

Sebenarnya, Tanayu sudah mulai menggarap lagu ini sejak tahun 2019 lalu. Namun, lagi-lagi situasi pandemi menjadi penghalang untuk melanjutkan prosesnya.