PHI Tips: Memilih ‘Abang-abangan’ Skena Panutan

• Jun 23, 2021
PHI Tips

Dahulu kala, D-I-Y (Baca: Do-It-Yourself) dan perlawanan dalam musik adalah hal yang utama kala musik indie adalah perlawanan melawan mainstream. Tapi semua itu sudah tidak relevan sekarang. Dua hal ini sudah bisa berjalan bersamaan.

Dan untuk apa pula kita melakukan semua perlawanan itu karena sudah ada abang-abangan skena yang sudah terbukti sukses melakukan semuanya sebagai contoh.

Tentu banyak hal yang bisa dipetik dari abang-abangan skena tentang bagaimana membuat band, membuat bisnis di luar band, hidup dari band, ataupun sekedar bercerita tentang gempita masa 90-an yang penuh dengan gebrakan itu. Tentunya dengan syarat kita harus bisa memilih berteman dengan abang-abangan yang tepat. Karena kalau salah, kita tidak akan mendapatkan apa-apa selain digurui dibanding-bandingkan saja.

Di PHI Tips kali ini, kami akan membantu kalian untuk memilih abang-abangan skena yang bisa menjadi panutan.

 

Tips
Kepala tiga, pastikan juga dia sempat aktif dan merasakan skena di era 2000-an. Lupakan jika dia hanya penikmat musik yang introvert.

 

Keluarga

Sudah berkeluarga, lebih sip meskipun relatif. Kalo belum berkerluarga, nanti dimodusin.  Tapi terkadang kalau sudah berkeluarga, secara waktu jadi masalah, kecuali kamu mau lihat di poin 5.

 

Usaha

Punya abang-abangan yang punya tempat usaha lebih asyik, selain mudah kalau ditemui, bisa jadi tempat tongkrongan juga.

 

PHI Tips
Followers sedikit nggak penting, yang paling penting dia udah punya achievement penting buat skena.

 

PHI Tips

Ini lebih asik lagi, artinya dia masih punya energi dan waktu lebih untuk ngikutin perkembangan skena.

Selamat mencari abang-abangan yang ideal buat kamu.

Untuk menemukan PHI Tips lainnya, silakan main-main ke sini.

Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Bersiap untuk Album, GANGGA Melepas Single Terakhir

Untuk penulisan lirik, GANGGA dibantu Petra Sihombing, musisi yang juga bertindak sebagai produser lagu dan juga dengan Kamga Mo sebagai pengarah vokal.

Iwan Fals Kolaborasi Bareng Sandrayati Fay dalam “16/01”

Setelah berkolaborasi dengan Syarikat Idola Remaja, Iwan Fals kali ini menggaet Sandrayati Fay untuk berkolaborasi dalam judul “16/01”.