PHI Tips: Mendeteksi Umur Band Kamu

• Jul 14, 2021
Tips Band

Jadi kamu masih mengaku punya band, masih merasa sebagai bagian dari pergerakan musik di kota kamu, serta masih mengaku sebagai musisi, padahal kenyataan berkata sebaliknya. Jangan khawatir tips ini tidak bermaksud menjatuhkan mental band kamu, ataupun memutus masa depan band kamu. Tips PHI ini hanya bentuk introspeksi saja. Ya meskipun band kamu sudah merilis album pertama dan sukses atau band kamu sudah berumur 5 tahun lebih, tapi ya hanya itu saja pencapaiannya. Maka itu silahkan jawab tips dan pertanyaan di bawah ini dengan “ya” atau “tidak”. Kami tidak bermaksud menghakimi nasib band kamu, namun apabila mayoritas jawaban tips ini adalah “ya”, ada baiknya mempertimbangkan kembali masa depan band kamu.

1. Yang Tahu Band Kamu Cuma Anak 2000an, Dan Anak Sekarang Tidak Tahu Menahu

Perlu diingat, tahun 2000 itu 21 tahun yang lalu. Sekarang anak muda didominasi yang berusia 20an yang berarti baru lahir ketika band kamu eksis dan tidak merilis apa-apalagi setelahnya.

 

2. Terakhir Merilis Album 10 Tahun Yang Lalu

Satu dekade lebih itu adalah waktu yang cukup untuk ngapa-ngapain banget. Serius nih, ngga ada apa-apa banget? Atau minimal jualan merchandise band deh.

 

3. Vokalis Berkharisma dan atau Penulis Lagu Utama Band Kamu Mengundurkan Diri, Dan Vokalis/Personil Baru Tidak Berkutik

Coba sebutkan band keren lokal yang berhasil berganti vokalis/penulis lagu dan tetap keren? Pengecualian Untuk Dewa, ya. Namanya juga sudah “Dewa”.

 

4. Whatsap Grup Band Sudah Tidak Aktif

Tidak ingat kapan ada diskusi seru atau ngobrol ngalur ngidul tidak jelas? Atau lebih parah lagi, cuma kamu sendiri yang rajin inisiatif ini-itu tapi tidak direspon sama sekali.

 

5. Media Sosial Band Kamu Sudah Tidak Aktif Lebih Dari 3 Bulan

Di era semua orang berlomba-lomba bikin konten di media sosial setiap hari, setiap jam, setiap menit, lalu kamu masih berani ngaku kalau band kamu masih eksis?

 

____

Penulis
Fari Etona
Pendenger musik pop dan rock, serta pecinta binatang dan pemakan buah-buahan.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Bersiap untuk Album, GANGGA Melepas Single Terakhir

Untuk penulisan lirik, GANGGA dibantu Petra Sihombing, musisi yang juga bertindak sebagai produser lagu dan juga dengan Kamga Mo sebagai pengarah vokal.

Iwan Fals Kolaborasi Bareng Sandrayati Fay dalam “16/01”

Setelah berkolaborasi dengan Syarikat Idola Remaja, Iwan Fals kali ini menggaet Sandrayati Fay untuk berkolaborasi dalam judul “16/01”.