849

Ragam Kolaborasi Para Musisi Saat #DiRumahAja

Kolaborasi #Dirumahaja
Kolaborasi musisi turut meramaikan jagat media sosial selama #DiRumahAja

Mengingat bahwa kebosanan dan kejenuhan selama #DiRumahAja seakan menjadi sahabat karib bagi semua orang yang terpaksa untuk self-quarantine, tentunya mengisi waktu dengan berbagai kesibukan dan aktifitas yang bisa dilakukan di rumah menjadi wajib hukumnya untuk saat ini. Tidak terkecuali bagi para musisi.

Jika sebelumnya kita sudah melihat beberapa musisi mengunggah kegiatannya di media sosial selama di rumah, maka kali ini giliran kolaborasi antar musisi yang menjadi sajian utamanya.

Perihal kolaborasi menjadi suatu hal yang menyenangkan. Baik untuk pelaku maupun penontonnya. Tanpa harus direncanakan berbulan-bulan, kini semua terjadi dalam satu unggahan via media sosial.

Setelah tiba-tiba lagu “Secukupnya” Hindia diaransemen ulang oleh Dipha Barus, serta ajakan nge-jam online-nya Indra Lesmana, kolaborasi-kolaborasi lainnya terus berjalan.

Demi menghindari berkurangnya gairah bermusik. Membunuh catatan bosan dan jenuh, yang seakan menjadi sahabat karib. Kita semua anggota self-quarantine mendesak diri sendiri untuk tetap produktif.

Bagaimana tidak setelah angka kasus Covid-19 menembus seribu. Hashtag #DiRumahAja alih-alih obat yang mujarab untuk mengurangi penyebaran.

Berikut adalah beberapa kolaborasi musisi diantaranya yang turut meramaikan jagat media sosial selama #DiRumahAja :


 

1. Andre Dinuth

 

Musisi yang kerap kali terlihat mengisi posisi gitar bersama Erwin Gitawa, Glenn Fredly, dan beberapa nama lainnya juga turut mengajak para teman-temannya untuk jamming via akun Instagram dirinya. Sama seperti yang lain, dirinya juga merepost video-video dari teman-temannya yang turut serta untuk jamming bersama dirinya.

 

2. Erwin Gutawa

View this post on Instagram

EG ‘Tutti Challenge’. ‘Tutti’ adalah istilah dalam musik dimana semua musisi/instrumen memainkan hal yang sama. Biasanya bermain tutti sangat excited & seru, karena setiap musisi harus memainkan Notasi/ Ritmis dengan tempo dan dinamika yang sama dengan musisi lain sehingga terjadi sinergi yang kuat. Yuk ikut ‘TUTTI CHALLENGE’ ini, sambil nge ‘JAM’ bareng ORKESTRA. Saya mengajak semua musisi ( band maupun orkestra,…), instrumen apa saja (akustik/elektrik,…), genre apa saja (classic, pop, jazz,trad…etc) untuk seru2an sambil latihan jari biar ga kaku (…hehehe). Panduan notasi ada di hal berikut. Ditunggu partisipasinya ya ! * Musik ini adalah bagian ‘Tutti’ dari lagu Angin Malam ciptaan musisi senior alm. Debby Nasution dari album Badai Pasti Berlalu (alm. Chrisye 1999) dimainkan oleh “The Victorian Philharmonic Orchestra”Melb, Aust. * Terinspirasi dari IG nge jam nya teman2 ( @indralesmana, @dennychasmala,…etc) thx #EGtuttichallenge #playtutti #ngejam #jamwithorchestra #stayathome #stayathometutti #dirumahaja #anginmalamtutti #erwingutawa.

A post shared by Erwin Gutawa (@eg.erwingutawa) on

Musisi Indonesia, komposer, pemimpin orkestra, konduktor sekaligus produser, Erwin Gutawa mengadakan ‘Tutti Challenge’ karya besar Debby Nasution berjudul “Angin Malam”. Tantangan ini diiyakan beberapa musisi salah satunya Yura Yunita dan juga Andre Dinuth.

 

3. Indra Domdom

View this post on Instagram

Dalam rangka #stayathome atau #dirumahaja i call this #16BarsAtHome Di situasi krisis wabah virus corona ini gua mau ngilangin kebosanan gua di rumah dengan "challenging" kawan-kawan rapper/mc semua buat isi 16 bar beat yang gua mainin ini..gua tantang @mrdymz @tuantigabelas @mattermos @insthiinc @flyzad @saykoji @yansenist_aim @mario_zwinkle @itssun_d @insane.bdg @el_one13 @nartoook @misternobody.zip @abneraben @laze92_ @malikrospage @altimet @amanracom @brajawaluya @luo_endo @ahmadokeng @dule_bdg @sendriphrovsta atau siapapun di luar sana yang lupa gua mention.. Get the audio link on my instagram bio Hit me back if got some bars, would be so fun in this boredom during at home #16BarsAtHome @westwewsquad

A post shared by @ indra_domdom on

Produser dan beat maker satu ini menantang teman-teman sepermainannya seperti Tuan Tigabelas dan Matter Mos dengan hashtag #16BarsAtHome. Yacko turut berpartisipasi mengoceh yang mendapat sambutan dari netizen, “Somebody get a doctor, your bars are ill…”

 

4. Jangar

View this post on Instagram

Virus yang menyebar saat ini membuat kita semua harus #DirumahAja dan mengkarantina diri sendiri agar wabah ini tidak semakin menyebar serta tidak merugikan lebih banyak orang. Tapi daripada mengeluh, mati gaya atau bosan di rumah, mari kita buat seru-seruan amaja di media sosial! Gitaris kami, @dewaadis, meng-cover single terbaru punya @penerbangroket: “Dikejar Setan”. Kami menantang @penerbangroket dan @rollfast___ untuk ikutan challenge #KaryaDiKarantina ini dan meng-cover atau bebas memainkan lagu apa aja! Lumayan kan musisinya masih berkarya, teman-teman di Instagram juga terhibur? 🍻🤪 Jangan lupa cuci tangan, olahraga, makan yang teratur! #Jangar #MenebarBisa #JangarJelangMalam #BeritaAngkasa #CoronaSucks

A post shared by JΛПGΛЯ (@jangar_official) on

Gitaris Jangar, Adi Sanjaya meng-cover lagu “Dikejar Setan”. Kemudian Jangar menantang Kelompok Penerbang Roket dan Rollfast namun bebas memainkan lagu apa saja. Disambut Coki bassist KPR dengan nomor ““Little Joy” milik Kurosuke. Hingga sampai di Muhammad Rafi dan Kurosuke sendiri. Kemudian menyebar ke teman-teman musisi lainnya.

 

5. Ipang Lazuardi dan Iwa K

Iwa K dan Ipang Lazuardi juga turut memeriahkan jagat media sosial dengan kolaborasinya. Jika awalnya hanya antar mereka berdua, kolaborasi merembet hingga David NAIF juga turut menggunggah video bersama Iwa K.

 

Penulis: Pohan & Raka

Baca juga:  Buntut Virus Corona, Festival Head In The Clouds Jakarta: Postponed