Ragam Kolaborasi Para Musisi Saat #DiRumahAja

Mar 28, 2020
Kolaborasi #Dirumahaja

Mengingat bahwa kebosanan dan kejenuhan selama #DiRumahAja seakan menjadi sahabat karib bagi semua orang yang terpaksa untuk self-quarantine, tentunya mengisi waktu dengan berbagai kesibukan dan aktifitas yang bisa dilakukan di rumah menjadi wajib hukumnya untuk saat ini. Tidak terkecuali bagi para musisi.

Jika sebelumnya kita sudah melihat beberapa musisi mengunggah kegiatannya di media sosial selama di rumah, maka kali ini giliran kolaborasi antar musisi yang menjadi sajian utamanya.

Perihal kolaborasi menjadi suatu hal yang menyenangkan. Baik untuk pelaku maupun penontonnya. Tanpa harus direncanakan berbulan-bulan, kini semua terjadi dalam satu unggahan via media sosial.

Setelah tiba-tiba lagu “Secukupnya” Hindia diaransemen ulang oleh Dipha Barus, serta ajakan nge-jam online-nya Indra Lesmana, kolaborasi-kolaborasi lainnya terus berjalan.

Demi menghindari berkurangnya gairah bermusik. Membunuh catatan bosan dan jenuh, yang seakan menjadi sahabat karib. Kita semua anggota self-quarantine mendesak diri sendiri untuk tetap produktif.

Bagaimana tidak setelah angka kasus Covid-19 menembus seribu. Hashtag #DiRumahAja alih-alih obat yang mujarab untuk mengurangi penyebaran.

Berikut adalah beberapa kolaborasi musisi diantaranya yang turut meramaikan jagat media sosial selama #DiRumahAja :


 

1. Andre Dinuth

 

https://www.instagram.com/p/B-OQZLuDP9P/?igshid=f2owh4qu5vu0

Musisi yang kerap kali terlihat mengisi posisi gitar bersama Erwin Gitawa, Glenn Fredly, dan beberapa nama lainnya juga turut mengajak para teman-temannya untuk jamming via akun Instagram dirinya. Sama seperti yang lain, dirinya juga merepost video-video dari teman-temannya yang turut serta untuk jamming bersama dirinya.

 

2. Erwin Gutawa

https://www.instagram.com/p/B-OQQ4MnGJs/?igshid=1251knr28kyrf

Musisi Indonesia, komposer, pemimpin orkestra, konduktor sekaligus produser, Erwin Gutawa mengadakan ‘Tutti Challenge’ karya besar Debby Nasution berjudul “Angin Malam”. Tantangan ini diiyakan beberapa musisi salah satunya Yura Yunita dan juga Andre Dinuth.

 

3. Indra Domdom

https://www.instagram.com/p/B-Eym33gZ4w/?igshid=de89myry1ojz

Produser dan beat maker satu ini menantang teman-teman sepermainannya seperti Tuan Tigabelas dan Matter Mos dengan hashtag #16BarsAtHome. Yacko turut berpartisipasi mengoceh yang mendapat sambutan dari netizen, “Somebody get a doctor, your bars are ill…”

 

4. Jangar

https://www.instagram.com/p/B96grxNAUxZ/?igshid=5ccromdr9n3j

Gitaris Jangar, Adi Sanjaya meng-cover lagu “Dikejar Setan”. Kemudian Jangar menantang Kelompok Penerbang Roket dan Rollfast namun bebas memainkan lagu apa saja. Disambut Coki bassist KPR dengan nomor ““Little Joy” milik Kurosuke. Hingga sampai di Muhammad Rafi dan Kurosuke sendiri. Kemudian menyebar ke teman-teman musisi lainnya.

 

5. Ipang Lazuardi dan Iwa K

https://www.instagram.com/p/B-MgNY3nznp/

Iwa K dan Ipang Lazuardi juga turut memeriahkan jagat media sosial dengan kolaborasinya. Jika awalnya hanya antar mereka berdua, kolaborasi merembet hingga David NAIF juga turut menggunggah video bersama Iwa K.

 

Penulis: Pohan & Raka

1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Kolaborasi musik adalah hal yang tidak dapat dilewatkan begitu saja di perjalanan musik Indonesia selama ini. Entah itu dari sisi ‘mainstream’ atau pun ‘sidestream’, pasti terselip kolaborasi yang mengagumkan – dan bahkan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. […]

Eksplor konten lain Pophariini

Mezzaluna Mengawali Karier Bermusik dari “In Situ”

Anak sulung Bimbim ‘Slank’, Jaya Mezzaluna Bungari memulai perjalanan karier bermusik lewat single perdana “In Situ” di akhir September 2021.

Pembuktian Sheila on 7 di Kisah Klasik Untuk Masa Depan

Dalam berbagai aspek, album kedua Sheila on 7, Kisah Klasik untuk Masa Depan dapat dianggap sebagai arketipe album kedua yang baik