Rayakan Hari Buruh, Smartest Bomb Kolektif Rilis “May Day’20”

134
Hari Buruh
Smart Bomb Kolektif rilis single di Hari Buruh

Dalam rangka memperingati Hari Buruh tahun ini, label rekaman asal Jakarta, Smartest Bomb Records, merilis lagu berjudul “May Day ‘20”. Ini adalah lagu yang dimainkan oleh musisi-musisi yang bernaung dalam label ini yang tergabung dalam Smartest Bomb Kolektif.

Smartest Bomb Kolektif sendiri hadir dari proses inisiasi dari musisi-musisi di label ini kepada teman-teman di kalangan musisi secara kolektif untuk membangun solidaritas dan apresiasi atas keadaan para pekerja hari ini di tengah pandemi.

Andai kalian masih asing dengan nama Smartest Bomb Record, label rekaman ini terbentuk pada akhir tahun 2016. Imam Agnianto bersama Trisno Agung menginisiasi teman-teman komunitas di Warriors Jakarta untuk membuat label rekaman baru, yang hasilnya adalah terbentuknya Smartest Bomb Records.

Kembali ke “May Day’20”, lagu ini dirilis bertepatan dengan Hari Buruh, 1 Mei 2020. Mengutip dari siaran pers, lagu ini bercerita tentang hak para pekerja yang tidak berimbang dengan kewajiban mereka, tentang dominnasi pemodal dan investor yang tidak menguntungkan bagi para pekerja, tentang nilai hidup para pekerja dan bercerita tentang bagaimana mengingat dan merawat makna hari buruh.

Dirilisnya lagu ini juga menjadi bagian dari kampanye Hari Buruh yang sebelumnya digaungkan Smartest Bomb Records lewat akun instagramnya. Mereka mengundang beberapa musisi untuk memberikan testimoninya tentang Hari Buruh.

“May Day’20” memborong kolaborasi banyak musisi dalam proses kreatifnya. Pada bagian vokal diisi oleh 4 nama, yakni Edi (The Borstal), Dwaditra (The Valid), Utay (The End), dan Boy Leonardo (Error Crew). Juga terselip kejutan karena dalam bagian ini, turut menghadirkan Jere Fundamental.

Sementara di bagian gitar, diisi oleh Trisno Agung (Innocenti) dan Genxs (The Valid). Bass diisi oleh Fadli Aat (Diskoria), dan drum oleh Imam Agnaianto (Innocenti).

Diproduseri oleh Imam Agnianto dan Agung (Innocenti), “May Day ‘20” ini kental dengan unsur punk rock yang dikemas dengan sing-a-long yang panjang.

Silakan simak videoklipnya di bawah ini:

Sebagai penutup, melalui lagu yang baru mereka rilis, Smartest Bomb Kolektif berharap dapat menjadi bagian dari perayaan May Day di tengah pandemik tahun ini. Menjadi anthem untuk para pekerja yang terus berjuang untuk sejahtera.

Buat yang tertarik mendengarkan, silakan klik dan unduh lagunya gratis di bawah ini

Selamat hari buruh.

______