Skandal Menuju Album Debut dengan Terbang

Apr 1, 2023

Sebuah rencana jangka panjang tengah Skandal garap di tahun 2023 ini. Setelah beberapa waktu lalu sempat merilis videoklip dari single “Lemon”, kini giliran single terbaru yang mereka lepas. Diberi judul “Terbang”, single baru Skandal ini rilis di bawah label rekaman La Munai Records.

“Terbang” didapuk oleh Skandal menjadi rangkaian pembuka menuju album debut yang dijadwalkan rampung pada tahun ini. Sebuah kabar gembira yang ditunggu-tunggu, mengingat sudah berselang tujuh tahun semenjak kemunculan EP Sugar.

Disampaikan oleh Siddha, sang vokalis, cerita dari “Terbang” berangkat dari beberapa pengalaman pribadi yang pernah ia lewati.

“Buat lagu ini saya pengen menulis lirik yang simple untuk merangkum perasaan yang rumit dari pengalaman pribadi. Secara garis besar, lagu ini merefleksikan bagaimana melakukan hal-hal yang disukai dalam hidup itu kadang bisa jadi bentuk pelarian dari rasa kesepian”, tutur Siddha yang menjadi penulis lirik.

Masih kental dengan nuansa musik alternatif/pop rock Indonesia era akhir 90-an/awal 2000, “Terbang” menjadi single terpanjang sepanjang sejarah Skandal, yakni sepanjang lima menit dua puluh empat detik. Tidak itu saja, karena mereka juga menyelipkan sentuhan brass section di dalamnya.

Proses rekaman dilakukan Skandal di Niskala Records serta Satrio Piningit Studio, Yogyakarta untuk perekaman drum. Mereka juga dibantu oleh Pandu Fuzztoni (The Adams, Morfem) untuk departemen mixing dan mastering.

Dengarkan “Terbang”, single terbaru Skandal di bawah ini.

 

Menengok kembali perjalanan Skandal, sejak tahun 2021 silam mereka merilis beberapa single seperti “Percuma”, maxi single “Lemon/Bosan”, hingga yang paling teranyar, “Terbang”.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

5 Musisi Indonesia Favorit Bambang Pamungkas

Pophariini berkesempatan untuk melakukan peliputan Prambanan Jazz tanggal 5-7 Juli lalu di Candi Prambanan, Jawa Tengah. Salah satu yang menarik perhatian kami saat itu melihat legenda penyerang Timnas Indonesia Bambang Pamungkas (Bepe) bersama keluarganya …

5 Pertunjukan yang Wajib Ditonton di We The Fest 2024

We The Fest akan berlangsung beberapa jam lagi. Festival garapan Ismaya Live ini menghadirkan sejumlah musisi lokal maupun internasional selama tanggal 19-21 Juli 2024 di GBK – Sports Complex, Jakarta Pusat.    View this …