Teenage Death Star Merilis Ulang Album ‘Gaib’ Dalam Format Kaset

• Jan 6, 2021

Satu lagi kabar baik di penghujung tahun 2020 lalu. Dalam rangka menutup tahun, Teenage Death Star bersama dengan La Munai Records merilis ulang The Early Years 88-91 Backyard Tapes, sebuah album “seminal” dari Teenage Death Star dalam format kaset pita C-90 bersampul ganda.

Dibilang rilis ulang, karena dulunya The Early Years 88-91 Backyard Tapes ini perdana rilis pada tahun 2013 lalu dengan format kaset, dibantu oleh FFWD Records.

Ada catatan menarik dari rilisnya album ini di tahun 2013 lalu, bagaimana The Early Years 88-91 Backyard Tapes tidak pernah dianggap sebagai album resmi, walaupun juga bisa dikatakan bahwa album ini adalah embrio dari Teenage Death Star.

Dalam sejarahnya, album ini digarap di medio 1988-1991 oleh beberapa anak muda yang pada akhirnya akan dikenal sebagai Teenage Death Star. Belasan tahun kemudian, pita reel dari rekaman ini yang sempat hilang akhirnya ditemukan, dan segera diedarkan kembali di tahun 2013 lalu.

Rilis ulangnya The Early Years 88-91 Backyard Tapes ini bisa dianggap anomali dalam rombongan. Dianggap anomali, karena di sepanjang tahun 2020 lalu, terdapat rombongan nama-nama lawas yang merilis ulang karya-karyanya dalam format digital. Sebut saja The Upstairs, The Milo, Waiting Room, Rumahsakit, hingga Pure Saturday. Teenage Death Star, malah melakukannya dengan format kaset.

6 Album Musik Keren Ini Dirilis Ulang dalam Format Digital

Kabar baik tidak berhenti sampai disitu saja. Di tahun 2021 ini, Teenage Death Star akan mengadakan sebuah pameran seni rupa dan juga sebuah proyek dokumenter yang merangkum perjalanan mereka sejak tahun 1987 lalu.

The Early Years 88-91 Backyard Tapes bisa didapatkan melalui La Munai Records.

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

PHI Tips: Memilih ‘Abang-abangan’ Skena Panutan

Sosok abang-abangan skena penting untuk kehidupan bermusikmu. PHI Tips kali ini membantu kalian memilih kriteria abang-abangan skena yang bisa jadi panutan. 

PHI Eksklusif Mempersembahkan: TADI IKS Live Session

TADI adalah duo musik ambisius dari Indonesia yang membuat musik mereka dengan bereksperimen dengan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari personilnya. Paparan yang beragam terhadap seni dan budaya memicu pikiran kreatif mereka, mulai dari perancang busana seperti Fujiwara Hiroshi hingga band jazz eksperimental seperti Hiatus Kaiyote.