Terbang Tinggi Ke Matahari Bersama Sirati Dharma

42
Sirati Dharma
Sirati Dharma formasi 2020.

Genre psikedelik rock menjadi genre yang agak sukar dimainkan oleh banyak band di tanah air hari ini. Selain karena mungkin tidak terlalu populer (bila dibandingkan pop, R&B misalnya), juga karena membutuhkan perangkat yang mumpuni. Tidak semua band bisa mencapai itu, dari yang sedikit ini, Sirati Dharma adalah salah satunya.

Band yang berdiri tahun 2014 ini belum lama ini merilis materi terbarunya bertajuk “Into The Sun”, lagu ini dirilis selang satu tahun sejak single terakhir mereka di tahun lalu, “Bias”.

Digawangi oleh Pandji Dharma (vocals/guitar/synth), Doys Christopher (bass/synth), Vareza (guitar), Rerez(synth/tambourine), dan Widmos (Drum), band ini mendapat perhatian dari pecinta musik psikedelia dan sirkuit independen umum akibat seringnya bermain di gigs-gigs kolektif seputaran Jakarta. Perhatian ini menjadi lebih intens ketika mereka merilis EP perdana bertajuk 7 dan juga beberapa single lainnya setelah itu.

Single “Into The Sun” ini merupakan bocoran dari album baru yang akan segera dirilis. Bagi yang belum familiar dengan musik Sirati Dharma, kami akan terjemahkan untuk kalian: suara distorsi gitar yang meraung-raung dengan berbagai time-based effect, synth yang membalut keseluruhan musik, perkawinan gebukan drum dan suara bass yang mencekam.

Saya masih ingat bagaimana band ini berhasil mengobrak-abrik pendengaran saya di M Bloc dengan sebuah pertunjukan yang luar biasa mengawangnya. Bagi yang penasaran, silakan lihat aksi mereka di bawah ini (thanks PFvideoworks yang telah mengabadikan).

Di single barunya, porsi vokal yang dulu tenggelam dengan musiknya, kini dimunculkan semata-mata agar pendengar dapat mendengar dan mencerna liriknya, sehingga makna musiknya lebih cepat berinteraksi dengan pendengar.

“Single Into The Sun bercerita tentang jika ingin mencapai sesuatu jangan pantang menyerah dan jangan bergantung kepada pendapat orang lain, karena untuk mencapai keinginan (dalam lagu ini digambarkan seperti matahari), keputusannya berada sepenuhnya di tangan kita sendiri,” ungkap Pandji selaku produser musik dari single Into the Sun tentang lirik dan isi lagu ini.

“Into The Sun” sudah dirilis oleh Palm House Records. Selamat menyelam dalam lautan psikedelia dari Sirati Dharma. Dari sini, sepertinya kami akan tertarik membuat kompilasi psikedelia tanah air, tunggu saja tanggal mainnya.

______