ULUN Vol.1: Cerita Terkini Musik Lampung

Mar 16, 2022

Ada kabar bahagia yang baru saja disampaikan oleh teman-teman dari komunitas musisi Lampung. Sebuah album kompilasi menjadi sajian utamanya, berjudul ULUN vol. 1 yang dalam bahasa Lampung berarti ‘Orang Lampung’.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by UlunLampung (@ulun_lampung_)

Bagi mereka, ini menjadi sebuah ajang untuk reuni serta sebuah momen kebangkitan dan juga menjadi sebuah kesempatan bagi para musisi di Provinsi Lampung untuk turut terlibat di dalamnya.

“Momen kebangkitan ini juga membuka kesempatan kepada seluruh musisi/band di Bumi Ruwa Jurai untuk ikut terlibat dan sumbang saran serta karya demi menyemarakkan ranah seni budaya di Provinsi Lampung, khususnya Nusantara pada umumnya”, sambut mereka.

Di album kompilasi tersebut, hadir tigabelas nama lintas generasi yang didapuk untuk berpartisipasi di edisi ini. Mereka adalah Udara, Tanya, Seventh Sky, Reska, Jack Liepe a.k.a Perboen Boy, Kompares, Jendral, HLM Distrik Kota, Forever June, Blueberry, Big Bagio, Allen Blue dan Aliaz.

Kompilasi ini sejatinya merangkum beberapa materi terbaik dari nama-nama tersebut. Sebut saja Udara yang menyumbangkan nomor “Selingkuh” yang juga hadir di album Putih yang rilis di tahun 2016 silam. Sementara bagi Forever June, salah satu nomor dari EP mereka, s/t yakni “TV Show” turut dilibatkan di kompilasi ini.

 

Dalam penggarapannya, mereka turut dibantu oleh beberapa pencipta lagu serta composer dan arranger, di antaranya adalah Mercusuara Music Publisher, DRB Records, Studio Rekaman dan Rumah Produksi.

Dirilis dalam format fisik berupa CD dan format digital, nantinya album kompilasi ini akan terus berlanjut dalam tahun-tahun ke depan, sebuah harapan yang terselip agar regenerasi tetap terjaga di tanah tersebut.

 

Selama rentang waktu satu tahun ke belakang, ada beberapa album kompilasi yang merangkum cerita dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Simulakra yang membawa kabar dari Bali, Kompilasi Satu Dekade Medan Blues Society yang dirilis oleh Frog Balls Records, hingga Pop diKota yang mengabarkan ragam musik pop di Jakarta.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

5 Alasan Shelomita Tetap Bermusik

Shelomita yang dulu dikenal sebagai penyanyi latar untuk band seperti Slank dan Dewa kembali merilis karya terbaru di bulan Desember 2023 lalu. Single bertajuk “Biarkan Kasih Bernada” ini dikerjakan bersama trio pencipta lagu Laleilmanino. …

The Soegenk Asal Pangkalan Bun Rilis Single Rela

Band pop alternatif asal Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah bernama The Soegenk resmi merilis single kedua bertajuk “Rela” hari Kamis (15/02).   The Soegenk beranggotakan Gogo (vokal), Reza (drum), Raja (kibor), Fauzan (gitar), dan Nando …