Wawancara Khusus Aldrian Risjad: Tak Bercita-cita Menjadi Rock Star

408

Bokap mendukung. Kalau nyokap gimana?

Dua-duanya support. Beda kadar support– nya aja. Kalo bokap support-nya full. Dia sampai sekarang ngomong, ya udah full di musik aja dulu. Nyokap gue masih setengah-setengah. Masih ngeliat ke musik bisa gue jadikan kerja, tapi masih kayak ragu juga. Apakah gue bisa? Bokap udah full. Nyokap masih butuh gue yakinkan lagi karena momentumnya baru lulus kuliah. Yah dilema-dilema cari kantor. Nyokap gue masih fifty-fifty. 

Gimana mereka saat tau menjadi inspirasi bermusik?

Sejujurnya banyak di luar dugaan. Sebenarnya lagu gue yang benar-benar mengangkat dalam artian negatif, “Milk Candy” itu kan mengangkat perceraian mereka dan bagaimana itu masih menghantui hidup gue. Gue agak takut awalnya ngomong ke bokap nyokap, kalau gue nulis ini dan akan gue rilis. Cuma ternyata respon mereka di luar dugaan gue. Nyokap gue malah ketawa-tawa. Terus malah bilang, “Mamah mau di video klip dong.” Bokap gue juga santai aja. Bokap gue malah bilang, “Nah berarti Mamah dari dulu bla bla bla”. Kalau video “Help You Out”, gue tuh proses bikin video yang itu surprise. “Pah, Aldi ada manggung tanggal sekian, nanti datang ya.” Sama anak-anak Sun Eater dibikinin tiket palsu gitu, jadi bokap gue ngira ada manggung, gak taunya cuma kita berdua aja. Kelar kita ketawa-tawa gitu aja di rumah.

Intinya mereka support dan mereka merasa menjadi inspirasi, bangga lah bahwa lo udah menemukan jalan hidup lo untuk bermusik?

Mereka malah melihat gue dengan cara yang berbeda. Gue kan dulu di rumah anak santai jarang curhat. Trus tau-tau gue bikin kayak gitu. Mereka jadi kayak oh ternyata membekas ya di Aldi. Mereka jadi ngeliat gue dengan cara yang berbeda, in a good way.

Bagaimana tanggapan lo setelah mendapat komentar AldrianRisjad is exactly our rockstar’ di video State of Uncertainty? 

Sejujurnya gue nggak melihat diri gue sebagai sosok rock star. Gue nggak tau definisi rock star, mungkin bisa berbeda-beda, bisa berubah berdasarkan zaman juga. Kalau dalam definisi rock star itu rock n roll, itu gue nggak banget karena secara pribadi gue tipikal orang yang bisa dibilang nggak aneh-aneh. Gue bukan tipe orang yang suka party. Gue nggak suka berada di keramaian party. Gue merasa gue bukan party star, dalam tanda kutip gue bukan orang yang bisa menghidupkan party dan bagi gue itu definisi rock star gitu. Sedangkan gue lebih melihat musik gue, ya musik rock. Entah apa gue rock star apa bukan, Gue nggak bisa bilang juga karena gue emang nggak melihat diri gue sebagai bintang kemewahan gemerlap gitu.

Loe main perempuan nggak?

Waduh tidak dong.

Tapi perasaan lo dipermainin?

Nggak juga sih. Gue aman sih untuk urusan asmara.  

Apakah seorang Aldrian Risjad bercita-cita menjadi rock star? 

Gue bukan bercita-cita menjadi rock star. Tapi gue bercita-cita untuk membuktikan diri gue. Motivasi gue nyanyi itu dulu karena zaman SMP gue suka nonton ajang pencarian bakat di TV. Saat itu gue merasa, gue mau bisa nyanyi kayak gitu. Nyanyi di depan banyak orang, mungkin ribuan, mungkin jutaan, dan itu ada latar belakang balas dendam juga karena gue merasa waktu gue SD kayak bocah yang dalam artian nggak diakui keberadaannya. Dan gue merasa oh kayaknya musik bisa jadi jalan buat ngebuktiin itu. Dan juga balas dendam dalam artian, waktu SD gue benar-benar buta nada. Berapa kali gue kalau di kelas seni itu lumayan dicengin.