Wawancara Khusus Zirah: Pembatalan, Pengunduran, Perilisan

403
zirah
Zirah, foto terbaru formasi tanpa vokalis Alyssa Isman / dok. Zirah

Beberapa hari ini Zirah mengumumkan tiga informasi secara beruntun. Dua diantaranya bikin fansnya kanget. Secara acak, kabar pertama adalah perilisan single terbaru, kedua adalah pembatalan konser dan ketiga yang bikin syok adalah pengunduran diri vokalis Alyssa Isnan.

Pagelaran Siapa Kami: Sebuah Pagelaran EP Zirah yang semula hanya berstatus ditunda, akhirnya resmi dibatalkan melihat ketidakpastian pandemi virus corona. Padahal sedianya, jika tak ada pandemi, konser ini akan digelar pada Juli ini.

Single terbaru Zirah, “Sial Kau Corona” (SKC) yang dirilis 22 Juli akan datang merupakan lagu produksi pertama Zirah yang dilakukan mandiri, cepat, dan seadanya. Lagu juga disebut sebagai bentuk ucapan maaf kepada mereka yang menunggu Pagelaran, serta seluruh tim yang terlibat.

Lirik lagu SKC ditulis Raissa yang bercerita tentang perasaan kesal namun tetap dibawa happy saat menghadapi pandemi corona. Di single ini, Zirah menggaet Refo Ramadhan atau dikenal sebagai Refo dan Fauna.

Alyssa Isnan terpaksa hengkang dari band karena masalah pribadi yang sejak lama telah ditunda-tunda. Kini formasi Zirah menyisakan Raissa Faranda (gitar/vokal), Talitha Mailangkay (drum/vokal), dan Anissa Yasmin (bass/vokal).

Berkaitan dengan tiga kabar beruntun tersebut, kami merasa terpanggil untuk mengorek informasi lebih dalam berbincang-bincang dengan ketiga personel Zirah minus Aly. Melalui aplikasi panggilan video hari Selasa (!4/7) malam lalu, berikut ini hasil wawancara kami.


 

Apa saja kegiatan masing-masing personel Zirah selama pandemi?

Raissa: “Aku kuliah online (Audio Engineering di SAE Institute Jakarta), dan ke studio kalau nggak ngerjain tugas, ya ketemu Zirah.”

Yasmin: “Selama Corona aku belajar bass terus sama aku jadi ngulik tarot. Silakan langsung dikontak.”

Talitha: “Aku sama, kuliah online. Abis itu latihan, kalau ke studio ketemu Zirah. Abis itu printilan-printilan lain (pacaran sambil kerja).”

Kenapa Pagelaran EP Zirah tidak diganti dengan event daring seperti yang dilakukan band/musisi lain saat pandemi?

Raissa: “Karena kalau menurut aku si konsep Pagelaran ini sangat amat spesial kalau dirasakan secara offline. Karena dia ‘kan konsepnya teater. Jadi, bukan cuma musik aja. Nah, kita tuh dari awal konsepin itu memang pengin ngasih apa ya. Mood teaternya dan perasaan nonton teater. Kita udah ada rencana untuk bercandaan dengan penonton juga, dan segala hal yang menurut kami nggak bisa dilakuin kalau itu jadi online. Kalau misalnya dijadiin online, pasti akan mengubah konsep dan ngulang dari awal dan kita merasa udah lewat juga mood- nya untuk mikirin EP (self-titled). Kita lagi pengin lanjut rasanya.”

Soal pengunduran diri Aly dan single baru, apa itu sudah ada sebelum single “Sial Kau Corona” dibuat?

Raissa: “Bikin lagunya enggak, tapi produksinya iya.”

Berarti lagu tercipta pas Aly ada?

Yasmin: “Kita lagi checksound. Trus kita jamming. Eh ini bisa ya dijadiin lagu.”

Raissa: “Tapi Aly tuh nggak datang pas checksound waktu itu kita lagi main di acara Ardan Indie 7: Home Gigs. Itu beberapa hari sebelumnya tuh. Aly belum boleh keluar karena awal pandemi. Di situlah tiba-tiba Yasmin main bass gonjreng-gonjreng malah jadi cerita di lagunya. Lagunya spontan banget.”

Alyssa Isnan
vokalis Alyssa Isnan, yang mengundurkan diri / dok. Zirah

Kenapa pengunduran diri ini terdengar tiba-tiba atau memang sudah direncanakan dan bagaimana tanggapan kalian?

Raissa: “Kalau dari aku sendiri udah kebayang kalau dia akan fokus dengan urusan personalnya. Cuma nggak tau kalau akan secepat ini dan berbarengan dengan harus mengumumkan Pagelaran batal. Jadi kemarin berasa full banget, bertubi-tubi.”