13 Lagu dari Band Cewek Indonesia Favorit PHI

507
Band Cewek
PHI memilihkan 13 lagu dari band berpersonil cewek / foto dok. istimewa

Harus diakui bersama, tidak banyak daftar band berpersonil perempuan dalam jagad musik tanah air ini. Meskipun mungkin ternyata ada banyak, mungkin jumlahnya tak proporsional dengan banyaknya band yang umumnya berpersonil laki-laki.

Lagi-lagi, pendokumentasian sejarah yang sangat buruk menjadi biang keladi mengapa kami akhirnya menyodorkan tigabelas daftar lagu representasi dari 13 grup lintas generasi.

Maaf jika ada beberapa lagu yang terlewat. Silakan menyimak 13 daftar lagu band cewek pilihan kami. Kita berharap semuanya bisa dibuatkan playlist digitalnya, sayangnya ternyata gak semua masuk layanan musik digital. Ah, sial!

__________

 

1. Dara Puspita- Pesta Pak Lurah

Siapa sangka, perempuan yang kini menjadi eyang atau nenek kita semua ini dulunya adalah musisi-musisi rock garasi yang bisa berteriak lantang menyanyikan serunya pesta rock n roll di rumah pak lurah? ck ck ck!

 

2. The Beach Girls

Tak pernah dibayangkan, bagaimana bisa sosok remaja perempuan 60-an berseragam ini bisa membawakan anthem Deep Purple yang galak dengan penuh energi yang meluap-luap?

 

3. The Singers – Land of 1000 Dances

Kita tak pernah mengenal siapa mereka, namun yang jelas pada masanya, mereka, dara puspita, the beach girls juga banyak mesin-mesin rock perempuan yang underground ini adalah ‘macan’ di banyak arena musik rock tanah air. Percayalah!

 

4. Wondergel – Cermin 

Di era underground dan gegelar musik rock alternatif dari awal dan pertengahan 90-an, Wondergel menjadi band perempuan terdepan yang membawa segenap influens musik rock britania yang saat itu memang tengah cool.

 

5. Geger – Tajir

Menginjak era 90-an, dunia musik tanah air dikejutkan dengan munculnya Geger, rocker-rocker cewek dengan membawa arsiran nada-nada pentatonik dengan jeritan vokal yang garang meneriakkan yel yel “oo, oo, oo, oo” yang terkenal itu.

 

6. Traxap – Buaya Darat

Gang Potlot, selain menciptakan banyak rocker kaum adam, ternyata menyempil juga rocker-rocker kaum hawa dalam jajaran alumninya. Salah satunya membentuk grup bernaa Traxap. Thanks to MTV, “Buaya Darat” menjadi anthem pensi-pensi sekolah pada era itu.

 

7. Boys are Toys – Alibaba

Di era 2000-an muncul apa yang kemudian menjadi dinamit rock perempuan dari Bandung. Band ini membungkus kembali semangat rock n roll di era 60-an dan dikemas ulang menjadi bentuk punk rock yang riang.

 

8. She – Slow Down Baby

Era 2000-an mainstream mengenal band-band pop rock kreatif. Label saat itu mencari bakat-bakat dan lagu-lagu baru yang potensial untuk hit. Salah satu dari yang banyak adalah She dengan lagu ini.

 

9. Clover – Orenji 

Skena independen pada pertengahan 2000an sempat diwarnai oleh band cewek asal Jakarta bernama Clover. Mereka hadir dalam ruang-ruang gig yang sesak, membawakan musik indiepop/rock yang riang dan berbagi panggung dengan band-band underground lainnya. Mereka bak kembang api yang menyala di balik kerumunan pesta alkohol. Oiya, videoklip ini disutradarai oleh eks vokalis rumahsakit, andri lemes.

 

10. Voice of Baceprot – School Revolution 

Tentang trio ini, baiknya kami tak terlalu banyak komentar, semua media telah menulis dia, bagaimana 3 perempuan muda, jilbab lalu bermain musik rock, sepertinya tak ada batasan apapun untuk berekspresi, dan sure these hijab girls know how to rock!

1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] pada artikel sebelumnya kami menyuguhkan tiga belas daftar lagu representasi dari 13 grup band berpersonel perempuan lintas generasi, maka daftar kali ini akan berpusat kepada mereka yang bertanggung jawab atas tabuhan drum yang […]